Jokowi Serahkan Bantuan PIP Rp450 Ribu-Rp1,8 Juta ke Para Siswa di Magelang

JOKERBOLA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 ke para siswa di Lapangan Tenis Moncer Serius, GOR Samapta, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan bantuan PIP diberikan kepada para siswa dalam bentuk tabungan dengan besaran nominal yang telah ditentukan.

“Anak-anakku sudah tahu semuanya ya bantuan untuk program Indonesia pintar ini yang SD diberikan Rp450 ribu per tahun sudah tahu? Ini nanti dimasukkan di tabungan ini ya. Kemudian yang SMP Rp750 ribu sudah tahu? Yang SMA Rp1,8 juta,” kata Jokowi.

Menurut kepala negara, bantuan PIP pada 2023 telah diberikan kepada 18 juta siswa yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Sementara untuk 2024, Jokowi bersyukur jumlah siswa penerima bantuan PIP mengalami peningkatan secara bertahap.

“Jadi yang sudah diberikan Program Indonesia Pintar ini, Kartu Indonesia Pintar ini 18 juta siswa dari Aceh sampai ke Papua dan untuk tahun ini naik. Tadi 18 juta itu tahun 2023, tahun 2024 naik menjadi 18,6 juta siswa,” kata Presiden.

 

Tidak hanya sampai sekolah menengah, Jokowi menuturkan para siswa juga dapat mengajukan PIP hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Untuk itu, dia terus memberikan semangat kepada para siswa untuk belajar karena persaingan dalam menempuh pendidikan tinggi sangat ketat.

“Mau kuliah (bisa) tapi belajar. Yang pengen kuliah angkat tangan? Yang SD juga enggak apa-apa angkat (tangan). Pengen kuliah angkat tangan. Berarti semua pengen kuliah ya sampai perguruan tinggi. Tapi anak-anak harus belajar semuanya karena persaingannya sangat berat,” jelasnya.

Kepada para siswa, Jokowi pun mendorong agar mempergunakan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti membeli buku, seragam, maupun kebutuhan sekolah lainnya.

“Uang ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sekolah, untuk beli buku boleh? Untuk beli alat-alat tulis boleh? Untuk beli seragam boleh? Untuk beli sepatu bisa? Untuk beli pulsa handphone? Tidak boleh. Untuk beli handphone enggak boleh, untuk beli pulsa handphone tidak boleh,” katanya.

Turut mendampingi Jokowi yaitu Ibu Negara Iriana, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz.

Sumber: OKEzone