Jokowi Jamu Presiden dan Ibu Negara Korea Selatan di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Istana Merdeka Jakarta hari ini, Jumat (8/9).

Pertemuan bilateral itu diawali dengan upacara penyambutan. Yoon yang didampingi Ibu Negara Kim Keon Hee disambut oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Mereka lalu masuk ke istana untuk mengisi buku tamu. Setelah itu, ada sesi foto bersama Jokowi dan Yoon didampingi dua ibu negara.

Kunjungan itu dilanjutkan dengan pertemuan bilateral. Jokowi didampingi sejumlah menteri, seperti Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Dalam pertemuan bilateral, Jokowi menyambut kedatangan Yoon. Ia juga berterima kasih atas dukungan Korea Selatan selama ini.

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungannya untuk keketuaan Indonesia di ASEAN. Kunjungan Yang Mulia sangat bermakna, apalagi tahun ini hubungan kita genap 50 tahun,” kata Jokowi di Istana Merd, Jakarta, Jumat (8/9).

Sepekan ini, Jokowi menjamu sejumlah kepala negara di istana. Pada Senin (5/9), Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet.

Jokowi juga menjamu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada hari berikutnya. Dia juga bertemu sejumlah kepala negara di sela-sela KTT ASEAN di Jakarta sepanjang pekan ini.