Hasil Playoff Liga Voli Korea Selatan 2023-2024: Red Sparks Kalah 1-3 dari Pink Spiders di Laga Pertama

JOKERBOLA – Megawati Hangestri gagal membantu klubnya, Daeojeon JungKwanJang Red Sparks, meraih kemenangan atas Incheon Heungkuk Life Pink Spiders dalam laga pertama babak playoff Liga Voli Korea Selatan 2023-2024. Dalam pertandingan yang berlangsung di Samsan World Gymnasium, Incheon, pada Jumat (22/3/2024) sore WIB itu, mereka kalah dengan skor 1-3 (25-22, 13-25, 23-25 dan 23-25).

Pada set pertama, Red Sparks mampu mengimbangi permainan Pink Spiders sampai menginjak skor 5-5. Namun, selepas itu mereka tak mampu menahan serangan-serangan mematikan dari sang lawan sehingga tertinggal 7-13.

Pink Spiders terus membuat Megawati Hangestri dan kolega kewalahan dan tertinggal dalam kedudukan 13-17. Namun, pelan tapi pasti tim tamu bisa bangkit sampai akhirnya bisa menyamakan skor menjadi 18-18.

Memasuki poin-poin kritis, Megawati berhasil mendulang beberapa poin berkat smash-smash keras yang dilancarkannya. Red Sparks pun berbalik unggul 20-18 dan terus bisa konsisten mendapatkan poin untuk mengamankan kemenangan dengan skor 25-22 di set pertama.

Sayangnya, performa Red Sparks menurun drastis di set kedua. Pertahanan mereka mudah sekali dijebol oleh serangan Pink Spiders sehingga mereka tertinggal di angka 5-8 dan kemudian 7-14.

Serangan-serangan yang dilancarkan tim tamu juga mudah dibendung oleh tim tuan rumah. Alhasil, Pink Spiders dengan mudah menjauh dengan keunggulan 20-9 dan kemudian merebut set kedua dengan skor 25-13.

Pertarungan seru kembali terjadi di set keempat. Kedua tim saling jual beli serangan dan kejar mengejar angka hingga mencapai skor 5-5. Namun, selepas itu Red Sparks mampu menyerang dengan lebih efektif untuk memimpin di angka 10-7.

Variasi serangan tim asuhan Ko Hee Jin itu benar-benar sulit ditebak oleh Pink Spiders. Mereka pun mampu memperlebar keunggulan menjadi 17-10. Akan tetapi, tim tuan rumah setelah itu mulai bisa memberikan perlawanan lagi dan mendekat di angka 20-22

Red Sparks nampak gugup ketika memasuki poin-poin krusial. Setelah sempat unggul 23-21, mereka malah membuat kesalahan berturut-turut hingga Pink Spiders berbalik unggul dan menang 25-23 di set ketiga.

Pada set keempat, pertandingan berjalan sangat ketat. Kedua tim silih berganti memimpin sampai menginjak skor 10-10.

Baik Red Sparks dan Pink Spiders benar-benar bermain sangat ngotot dan fokus untuk mendapatkan poin demi poin. Setelah itu, tuan rumah sempat memimpin 19-17, tetapi tim tamu mengejar lagi di angka 20-20.

Akan tetapi, setelah terjadi adu serangan di poin-poin kritis, Red Sparks gagal meredam serangan lawan. Alhasil, mereka tertinggal 20-23 dan kemudian kalah dengan skor 23-25 di set keempat.

Dengan hasil tersebut, Red Sparks sementara tertinggal 0-1 dari Pink Spiders. Mereka memiliki kesempatan untuk membalas kekalahan itu pada laga kedua yang akan digelar di kandang mereka, Chungmu Gymnasium, pada Minggu 24 Maret 2024. Mereka wajib menang pada pertandingan berikutnya karena jika kalah lagi, maka langkah mereka untuk ke final dipastikan terhenti.

SUMBER: Andhika Khoirul Huda, Jurnalis