Hasil BRI Liga 1 Persebaya Surabaya vs Dewa United: Skor 0-3

JOKERBOLADewa United memetik kemenangan krusial di pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024. Berhadapan dengan Persebaya Surabaya, Anak Dewa berhasil menang dengan skor telak 3-0.

Dewa United berhasil unggul lebih dahulu berkat gol Ricky Kambuaya di babak pertama. Sementara di babak kedua Tangsel Warriors sukses memperlebar kedudukan berkat gol Ahmad Nufiandani dan Alex Martins.

Berkat tambahan tiga poin ini, Dewa United naik ke peringkat lima klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan raihan 47 poin. Sementara kekalahan ini membuat Persebaya tertahan di peringkat 10 dengan raihan 39 poin.

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di depan ribuan Bonekmania ini berjalan cukup intens. Persebaya selaku tuan rumah mencoba mengambil inisiatif dalam menyerang.

Meski begitu, Bajul Ijo menemui kesulitan. Pasalnya Dewa United bermain dengan rapat sehingga Persebaya kesulitan membuat peluang bersih.

Memasuki pertengahan pertandingan, situasinya jadi berubah. Dewa United jadi lebih dominan dalam penguasaan bola dan berbalik menggempur pertahanan tuan rumah.

Hasilnya, di menit ke-40 Dewa United sukses memecahkan kebuntuan. Berawal dari Egy Maulana Vikri yang memberikan umpan chip yang diterima Ricky Kambuaya, dan sang gelandang sukses menjebol gawang Andhika Ramadhani dengan tendangan chip juga.

Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum pertandingan.

Babak Kedua

Tertinggal 1-0 di babak pertama, Persebaya Surabaya mencoba tampil lebih ngotot di babak kedua. Sejak awal pertandingan, The Green Force membombardir pertahanan Dewa United dengan serangan-serangan mereka.

Namun asik menyerang, gawang Persebaya justru bobol di menit ke-68. Ahmad Nufiandani mencatatkan namanya di papan skor setelah Alex Martins yang membuat pergerakan di sisi kiri mampu melewati adangan bek Persebaya, lalu memberikan umpan tarik ke Nufiandani yang tidak terkawal, dan ia tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang kosong. Dewa United unggul 2-0 atas tuan rumah.

Meski sudah unggul dua gol, Dewa United tidak menurunkan serangan mereka. Di menit ke-72, keunggulan Tangsel Warriors meningkat jadi 3-0. Berawal dari Ricky Kambuaya yang berhasil merebut bola di lini tengah, ia berlari tanpa pengawalan hingga masuk kotak penalti, lalu memberikan umpan pendek ke Alex Martins yang kemudian membobol gawang Persebaya.

Di masa injury time, Persebaya harus bermain dengan 10 pemain. Ripal Wahyudi mendapatkan kartu merah setelah terlihat memberikan sikutan kepada kepala Egy Maulana Vikri.

Di sisa pertandingan, kedua tim mencoba untuk mencetak tambahan gol, namun skor 3-0 menutup jalannya pertandingan ini.

Susunan Pemain Kedua Tim

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani; Reva Adi Utama, Dusan Stevanovic, Yan Victor, Arief Catur; Muhammad Iqbal, Kadek Raditya, Andre Oktaviansyah; Bruno Moreira, Paulo Henrique, Carlos Duarte

Pelatih: Paul Munster

Dewa United (4-2-3-1): Sonny Stevens; Alta Ballah, Risto Mitrevski, Brian Fatari, Robi Darwis; Theofilo Bumberi, Ricky Kambuaya; Jose Porteira, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra; Alex Martins

Pelatih: Jan Olde Riekerink

Statistik Pertandingan

Persebaya Surabaya – Dewa United
Goals: 0-3
Shots on Target: 4-8
Posession: 37%-63%
Fouls: 14-13

SUMBER: Serafin Unus Pasi, Bola.net