Hasil AVC Challenge Cup 2024 Putri: Indonesia Sukses Libas Hong Kong, Duduki Peringkat 7

JOKERBOLATimnas voli putri Indonesia sukses mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-0 (25-15, 25-19, 25-20) dalam pertandingan perebutan tempat ketujuh AVC Challenge Cup 2024 Putri yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Rabu (29/5/2024).

Kemenangan ini seolah menuntaskan balas dendam Indonesia terhadap Hong Kong. Pasalnya, kedua tim sempat bertemu di babak penyisihan Pool B, di mana Indonesia terpaksa menyerah dengan skor 0-3 (22-25, 24-26, 19-25) pada 23 Mei 2024 lalu.

Kemenangan kali ini adalah kemenangan kedua Indonesia selama berlaga di AVC Challenge Cup 2024 Putri. Dari lima pertandingan yang dilalui, Indonesia memang mengalami tiga kekalahan. Satu kemenangan lainnya mereka raih saat menghadapi Singapura di babak penyisihan Pool B.

Balas Dendam pada Hong Kong

Dengan hasil ini, Indonesia mengakhiri AVC Challenge Cup 2024 Putri di peringkat 7 dari 12 skuad yang berpartisipasi. Sebagai catatan, Indonesia menjadi runner up edisi 2023 usai kalah dari Vietnam di babak final. Meski begitu, Luciana Taroreh selaku manajer timnas tetap memberikan apresiasi kepada skuadnya.

“Bersyukur Srikandi muda kita memenangkan pertandingan terakhir mereka di AVC Challenge melawan Hong Kong 3-0. Pemain-pemain muda kita pada akhirnya mampu revenge atas kekalahan di awal laga AVC Challenge,” ungkapnya dari rilis timnas yang diterima Bola.net.

Menurut Luciana, faktor mental sangat berpengaruh bagi para pemain pada awal turnamen ini. Pasalnya, skuad ini diisi banyak pemain muda, dan AVC Challenge Cup 2024 Putri merupakan kesempatan perdana mereka berlaga di kompetisi bertaraf internasional.

Tekad Jalani Perbaikan di Masa Mendatang

“Namun, tren pemain-pemain muda kita sejak awal terus meningkat dalam segala sektor baik mental, skill maupun team work sehingga berdampak pula berkurangnya self error. Setiap hasil pertandingan dilakukan evaluasi bersama, apa kekurangan kita dan apa kelebihan lawan,” ungkap Luciana.

“Dan kita bertekad memperbaikinya di pertandingan berikutnya. Tim kita learning by doing. Semoga Srikandi muda kita menikmati manfaat yang sangat berharga buat peningkatan prestasi mereka ke depannya,” pungkas Luciana.

Para penggawa timnas voli putri Indonesia pun dijadwalkan pulang ke Indonesia hari ini juga, sebelum melakukan persiapan menjelang lanjutan laga PLN Mobile Proliga 2024 pekan kelima di Bandung pada 6-9 Juni 2024 mendatang.

SUMBER: Anindhya Danartikanya, Bola.net