Hasil AS Roma vs Bologna: Skor 1-3

JOKERBOLAAS Roma dipaksa mengaku kalah oleh tim tamu Bologna dalam duel pekan ke-33 Serie A 2023/2024, Senin (22/4/2024). Main di kandang sendiri, Roma keok dengan skor telak 1-3.

Pertandingan di Olimpico ini krusial bagi kedua tim. Roma tertinggal dari Bologna di klasemen sementara Liga Italia. Kemenangan bakal membantu mereka memangkas jarak dan mendekati empat besar.

Meski begitu, Bologna tampil efektif dalam urusan cetak gol. Tiga gol Bologna kali ini datang dari aksi Oussama El Azzouzi (14′), Joshua Zirkzee (45′), dan Alexis Saelemaekers 65′). Roma hanya bisa membalas melalui Sardar Azmoun (56′).

Hasil ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara Serie A 2023/2024. Bologna di peringkat empat, AS Roma di peringkat lima, selisih poin melebar jadi tujuh angka.

Jalannya pertandingan

Laga dimulai dengan tempo sedang. Roma coba mengambil inisiatif serangan, tapi jelas Bologna tidak membiarkannya begitu saja. 10 menit berlalu, kedua tim sudah bergantian menciptakan peluang.

Menit ke-14, Bologna memecah kebuntuan. Umpan lambung Calafiori dari sisi kiri disambut tendangan salto keras dari El Azzouzi. Gol! Roma 0-1 Bologna.

Menit ke-45, Bologna mencetak gol kedua. Kali ini giliran EL Azzouzi yang membuat assist dari dalam kotak penalti. Bola disambut tendangan Zirkzee dari jarak dekat, sudah ditepis kiper, tapi tetap masuk ke gawang. Gol! Roma 0-2 Bologna.

Ketinggalan dua gol di babak pertama, Roma lantas memulai babak kedua dengan intensitas tinggi. Pelatih De Rossi membuat sejumlah pergantian pemain, termasuk menarik Tammy untuk Azmoun.

Menit ke-56, Azmoun mencetak gol balasan. Umpan lambung dari sisi kanan ditanduk Azmoun, ditepis kiper, bola muntah kembali disambut Azmoun, masih ditepis, sampai akhirnya percobaan ketiga berhasil masuk. Gol Roma 1-2 Bologna.

Menit ke-65, Roma kebobolan lagi. Lini belakang lengah, skema serangan balik cepat, umpan Zirkzee diterima Saelemaekers yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Mencungkil bola dan gol! Roma 1-3 Bologna.

Roma terus melawan di sisa 30 menit pertandingan, tapi serangan-serangan mereka terlalu mudah dibaca. Tidak ada gol tambahan. Skor 1-3.

Statistik pertandingan AS Roma vs Bologna

Tembakan: 14 – 10
Tembakan tepat sasaran: 5 – 3
Penguasaan bola: 53% – 47%
Operan: 503 – 465
Akurasi operan: 87% – 85%
Pelanggaran: 8 – 12
Kartu kuning: 5 – 2
Kartu merah: 0 – 0
Offside: 0 – 1
Tendangan sudut: 8 – 2

Susunan pemain

AS ROMA (4-3-3): Svilar; Angelino (52′ Spinazzola), Mancini, Llorente, Celik (52′ Karsdorp); Pellegrini, Paredes, Cristante (85′ Costa); El Shaarawy (72′ Baldanzi), Dybala, Tammy (52′ Azmoun)

Pelatih: Daniele De Rossi

BOLOGNA (4-1-4-1): Skorupski; Calafiori (80′ Kristiansen), Lucumi, Beukema, Posch (80′ De Silvestri); Freuler; Saelemaekers, Aebischer, El Azzouzi (77′ Urbanski), Ndoye (80′ Fabbian); Zirkzee (69′ Castro)

Pelatih: Thiago Motta

SUMBER: Richard Andreas, Bola.net