Finalissima 2025: Lionel Messi Berhadapan dengan Lamine Yamal di Laga Argentina vs Spanyol

JOKERBOLA – Peserta Finalissima 2025 telah ditetapkan. Timnas Argentina sebagai juara Copa America 2024 dan Spanyol sebagai pemenang Euro 2024 akan saling berhadapan untuk memperebutkan trofi tahun depan.

Finalissima berasal dari bahasa Italia yang berarti “grand final”. Sebelumnya sempat ada beberapa pergantian nama, mulai dari European/South American Nations Cup, Artemio Franchi Cup, sampai akhirnya dipilih Finalissima.

Finalissima akan mempertemukan juara benua Eropa dan juara benua Amerika. Pertandingan hanya dimainkan satu kali, dengan pemenang akan menjadi juara.

Pada Finalissima 2025, Spanyol akan menjadi wakil Eropa. Mereka menjadi kampiun Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris 2-1 di final di Berlin. Argentina akan mewakili America. Mereka menjadi juara Copa America 2024 setelah mengalahkan Kolombia 1-0 di final.

Edisi pertama Finalissima dimainkan pada tahun 2022, tetapi tradisi tim-tim terbaik di UEFA dan CONMEBOL yang saling berhadapan sudah ada sejak tahun 1985. Italia dan Argentina bermain di Finalissima perdana di Stadion Wembley, dengan Argentina yang diperkuat Lionel Messi menang dengan skor 3-0.

Tahun depan, Messi diharapkan untuk memimpin Argentina lagi, kali ini melawan tim Spanyol yang sedang naik daun yang dipimpin oleh sensasi berusia 17 tahun Lamine Yamal.

Satu-satunya pertemuan lainnya dengan Yamal terjadi pada pemotretan yang sekarang viral pada tahun 2007. Kala itu, Yamal masih bayi dan dimandikan Messi.

Menjelang final akhir pekan ini, Yamal mengatakan kepada RAC1 bahwa ia berharap Spanyol dan Argentina akan memenangi final masing-masing sehingga ia dapat bertemu dan bersaing dengan idola masa kecilnya, Messi.

“Saya berharap Messi memenangi Copa América dan saya memenangi Euro, sehingga saya bisa bermain melawannya di Finalissima,” kata Yamal. Kini, harapan dia telah terpenuhi.

Finalissima 2022 dimainkan pada tanggal 1 Juni, jadi edisi berikutnya kemungkinan akan berlangsung pada musim panas tahun depan, sekitar Juni 2025. Kala itu, tidak ada kompetisi besar Eropa atau Amerika Selatan di luar kualifikasi Piala Dunia hingga Piala Dunia 2026.

Finalissima 2024 akan menandai final pertama Argentina sejak Ángel Di María pensiun dari sepak bola internasional. Sebelum dimulainya Copa América 2024, pemain depan berusia 36 tahun itu mengumumkan bahwa turnamen itu akan menjadi kali terakhirnya mewakili negaranya.

SUMBER : Nurdin Saleh,Tempo.co