Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) relawan Pujakesuma di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (20/1).

Di depan relawannya itu, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa Indonesia di Pemilu 2024.

Ia mengatakan Pemilu merupakan pekerjaan besar bagi sebuah negara guna menjaga keberlanjutan pembangunan.

Karena itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk tetap rukun meski berbeda pilihan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Untuk bisa sama-sama menjaga kerukunan, menjaga persatuan kita, menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa. Jangan sampai karena perbedaan pilihan, tidak saling mengapa antartetangga, tidak saling menyapa antarkawan, yang biasanya enak ngomong, tidak mau ngomong,” kata Jokowi.

Menurutnya, perselisihan antar kawan hingga tetangga itu harus dihindari. Sebab, setiap lima tahun sekali pasti ada kontestasi politik.

“Demokrasi itu biasa. Jangan sampai yang di atas sudah makan-makan, sudah ngopi-ngopi bareng, sudah ngeteh bareng, yang di bawah masih tidak saling bertegur sapa antartetangga. itu tidak boleh,” ujarnya.

Jokowi meminta masyarakat merayakan pesta demokrasi dengan penuh rasa tanggungjawab agar Pemilu berlangsung damai dan lancar.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasang calon yakni Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Jokowi kerap disebut mendukung Prabowo yang berpasangan dengan Gibran yang juga anak Jokowi. Pasangan ini kerap menggunakan jargon keberlanjutan.

Sementara pasangan Anies dan Muhamimin justru sebaliknya yakni perubahan. Dua kutub narasi ini kerap memicu perdebatan keras terutama di media sosial.

SUMBER:CNN