Damian van Dijk, Bek Tengah Keturunan Indonesia Mengaku Dihubungi PSSI, Calon Naturalisasi

Satu lagi nama pemain muda yang dipantau oleh PSSI untuk dinaturalisasi. Pemain tersebut Damian van Dijk adalah bek tengah muda yang sangat potensial.

Van Dijk, yang saat ini bermain untuk Telstar U-21, ia mengatakan telah dihubungi oleh PSSI.

Hamdan Hamedan, perwakilan PSSI, berkomunikasi dengannya. Saat ini, Hamdan dianggap sebagai salah satu orang penting yang berkontribusi pada program naturalisasi pemain Timnas Indonesia.

Dia menambahkan bahwa Hamdan sudah sempat melihatnya bermain dalam pertandingan. Namun, waktu itu, tak ada pembicaraan lebih lanjut soal proses naturalisasi.

Van Dijk sendiri optimistis bahwa proses naturalisasi ini akan terjadi. Ia menyatakan bahwa ia sangat menantikan kesempatan untuk bergabung dengan tim Garuda, bersama dengan rekan-rekannya seperti Ivar Jenner dan lainnya yang telah membela Skuad Garuda sebelumnya.

Van Dijk memulai karier sepak bolanya ketika masih sangat muda dengan bergabung ke SV Dios. Setelah itu, ia bergabung dengan Lisse Youth pada 2017.

Pada 2019, atau dua tahun kemudian, ia bergabung dengan DWS Youth.

Kemudian, pada 2021, ia bergabung dengan Telstar U-18, di mana ia tampil sangat baik. Dia kemudian naik ke tim U-21.

Sejauh ini, Van Dijk dianggap memiliki kemampuan yang baik saat bermain untuk Telstar. Manajemen klub telah menyatakan bahwa mereka ingin memperpanjang kontraknya sampai akhir musim depan.

Bahkan, Van Dijk juga sempat bergabung latihan dengan tim senior Telstar. Baginya, hal tersebut merupakan sebuahpencapaian musim ini.

Van Dijk memiliki tinggi yang jangkung yakni 194 sentimeter. Hal tersebut membuatnya sering bermain sebagai bek tengah karena posturnya yang tinggi.

Sebagaimana dilaporkan oleh situs Transfermarkt, pemain yang ayahnya berasal dari Bogor ini juga dapat bermain sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Van Dijk kembali ditempatkan di jantung pertahanan Telstar. Dia juga mengatakan bahwa dia senang dimainkan di peran ini.

Selain postur tubuhnya yang tinggi, Van Dijk memiliki kemampuan untuk membaca permainan dengan baik, yang memungkinkannya mengintersep serangan lawan.

Van Dijk adalah bek tengah yang moderen. Ia tidak hanya memiliki kemampuan untuk mencegah serangan lawan, tetapi ia juga sering menginisiasi serangan timnya.

Dalam rekaman cuplikan penampilannya, Van Dijk sering mendistribusikan bola ke rekan-rekannya. Ia memiliki akurasi umpan yang cukup bagus.

Selain menginisiasi serangan melalui umpan dari belakang, Van Dik juga sering mendribel bola melewati adangan lawan sebelum melepaskan umpan terobosan.

 

SUMBER : BOLA.COM