Daftar Pemenang Kopa Trophy: Mbappe Pertama, Ada Dua Pemain Barcelona, Bellingham Terbaru!

Jude Bellingham terpilih sebagai pemenang Kopa Trophy 2023. Artinya, dia diakui sebagai pemain muda terbaik di dunia. Bellingham lebih unggul dari pada rival-rivalnya, seperti Pedri dan Jamal Musiala.

Selasa (31/10/2023) dini hari WIB, dalam acara penganugerahan yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, pemenang penghargaan Kopa Trophy 2023 diumumkan oleh eks pemain Real Madrid dan Chelsea, Eden Hazard.

Kopa Trophy adalah kategori penghargaan dari France Football sejak 2018 untuk memilih pemain muda terbaik di bawah 21 tahun. Penghargaan ini dinamai berdasarkan legenda Prancis, Raymond Kopa.

Bellingham menjadi nama kelima yang sukses meraih penghargaan ini. Ia menyusul Kylian Mbappe, Matthijs de Ligt, Pedri, dan Gavi.

Tentang Kopa Trophy

Kopa Trophy adalah kategori penghargaan baru dari France Football untuk memilih pemain muda terbaik di bawah 21 tahun. Penghargaan ini dinamai berdasarkan legenda Prancis, Raymond Kopa.

Edisi pertama Kopa Trophy dilangsungkan pada tahun 2018 lalu. Sampai sekarang, sudah ada empat pemain yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Kylian Mbappe jadi pemenang edisi pertama pada tahun 2018 lalu. Nah pada tahun 2020, penghargaan ini dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Bellingham jadi pemain Madrid pertama yang bisa meraih penghargaan tersebut. Dia memutus dominasi Barcelona yang berturut-turut mengirim wakil pemenang Kopa Trophy dua edisi terakhir: Pedri dan Gavi.

Riwayat pemenang Kopa Trophy dari tahun ke tahun

Kopa Trophy 2018

Juara: Kylian Mbappe
Runner-up: Christian Pulisic
Ketiga: Justin Kluivert

Kopa Trophy 2019

Juara: Matthijs de Ligt
Runner-up: Jadon Sancho
Ketiga: Joao Felix
Kopa Trophy 2020 – Dibatalkan karena pandemi Covid 19

Kopa Trophy 2021

Juara: Pedri
Runner-up: Jude Bellingham
Ketiga: Jamal Musiala

Kopa Trophy 2022

Juara: Gavi
Runner-up: Eduardo Camavinga
Ketiga: Jamal Musiala

Kopa Trophy 2023

Juara: Jude Bellingham
Runner-up: Jamal Musiala
Ketiga: Pedri

Final ranking Kopa Trophy 2023

1. Jude Bellingham (juara)
2. Jamal Musiala
3. Pedri
4. Eduardo Camavinga
5. Gavi
6. Xavi Simons
7. Alejandro Balde
8. Antonio Silva
9. Rasmus Hojlund
10. Elye Wahi

Sumber:BOLANET