Daftar Negara yang Pernah Ganti Nama

Pemerintah India mengumumkan akan mengganti nama negaranya menjadi Bharat.

Kabar ini mulai tersiar sejak dibagikannya surat undangan makan malam KTT G20 yang akan diadakan di India pada 9-10 September. Dalam surat tertulis “President of Bharat” yang mengindikasikan perubahan namanya.

Tidak hanya mengganti nama negara, pemerintah juga mengganti beberapa nama kota dan tempat di India. Taman Mughal yang berada di istana presiden berubah nama menjadi Amrit Udyan. Dikutip dari Aljazeera, perubahan-perubahan nama ini bertujuan menghapus kesan Mughal, kerajaan Islam dan yang memerintah benua India selama 300 tahun.

Sebelum India, terdapat negara-negara lain di dunia yang pernah mengganti nama.

Berikut daftar negara yang pernah ganti nama.

Turki menjadi Turkiye
Turki mengirim surat kepada PBB untuk mengganti nama internasionalnya menjadi Turkiye pada Tahun 2022. Perubahan ini dilakukan guna menghapus konotasi negatif dan mengubah citra negara. Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan mengungkapkan bahwa nama baru ini mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai Turki dengan cara terbaik, dikutip dari CNN.

Burma menjadi Myanmar
Sebelum berganti menjadi Myanmar, negara dengan julukan seribu pagoda ini pernah bernama Burma. Sebutan Burma diambil dari nama kelompok etnis yang berkuasa waktu itu. Dikutip dari Associated Press, nama Burma diganti satu tahun setelah junta yang berkuasa menindas kelompok pemberontakan pro-demokrasi.

Para militer mengubah nama Burma menjadi Myanmar. Bagi masyarakat Myanmar, nama Myanmar berarti “Tanah Emas”.

Kerajaan Kamboja menjadi Kamboja
Kamboja merupakan negara yang tergolong sering merubah namanya. Sebelum disebut sebagai Kamboja sampai saat ini, negara ini telah berganti nama sebanyak empat kali. Pada Tahun 1953-1970, negara ini disebut sebagai Kerajaan Kamboja. Pada Tahun 1970-1975, nama Kerajaan Kamboja berubah menjadi Republik Khmer.

Lalu, pada Tahun 1975-1979 sebutan Republik Khmer berubah kembali menjadi Kompuchea Demokratik. Perubahan nama kali ini terjadi pada saat pemerintahan komunis. Pada Tahun 1989-1993 barulah nama Kamboja ditetapkan di bawah otoritas transisi PBB.

Ceko menjadi Czechia
Pemerintah Republik Ceko mengumumkan secara resmi perubahan nama negaranya menjadi Czechia pada 2016. Nama Czechia dinilai lebih mudah dikenal dan dilampirkan dalam produk.

Walaupun sebutan ini dibuat untuk mempersingkat, banyak negara yang belum familiar dengan nama Czechia. Dikutip dari Deutsche Welle, Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis menyampaikan ketidaksetujuannya atas perubahan nama ini.

Abyssinia menjadi Ethiopia
Sejarah terbentuknya negara Ethiopia dimulai sekitar 1270 dengan kehadiran Kerajaan Abyssinia pada dinasti Solomon.

Nama Abyssinia baru berganti menjadi Ethiopia pada masa Perang Dunia Kedua. Nama ini dicetuskan oleh Haile Silasie, Raja X Ethiopia. Berkat Haile, Ethiopia juga termasuk dalam daftar negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan nama barunya.

Irish Free State menjadi Ireland atau Eire
Konstitusi Irlandia pada tanggal 29 Desember 1937 menetapkan bahwa nama “Irish Free State” akan diubah menjadi “Eire” atau dalam Bahasa Inggris disebut “Ireland”.

Dikutip dari Irish Central, penulisan “Eire” tanpa aksen tidak berarti “Irlandia”, tetapi berarti “beban” dalam bahasa Irlandia.

Penggunaan Eire dalam konteks internasional mulai digunakan setelah proklamasi resmi republik pada Tahun 1949. Sebutan “Eire” dianggap sebagai cara yang sombong untuk menyebut republik.

Ceylon menjadi Sri Lanka
Sri Lanka melakukan perubahan nama sebelumnya dari Ceylon untuk menghapus kesan dan melepaskan diri dari asosiasi kolonialisme.

Nama Sri Lanka pertama kali pada awal abad ke-20. Nama Sri Lanka resmi ditetapkan pada Tahun 1972 saat negara ini merdeka dari kolonialisme Inggris. Namun, nama Ceylon baru benar-benar dihapus dari pemerintahan Sri Lanka pada Tahun 2011.

Persia menjadi Iran
Nama Iran mulai dikenalkan oleh pemerintah sejak Tahun 1935 pada masa pemerintahan Reza Shah. Perubahan nama ini berasal dari usulan duta besar Iran untuk Jerman yang mendapat pengaruh Nazi, dikutip dari Iran Chamber Society.

Pemberian nama baru ini menandakan era dan awal baru bagi Persia setelah lepas dari kuasa Inggris dan Rusia. Arti dari Iran adalah “Tanah Bangsa Arya”

Siam menjadi Thailand
Nama pertama Thailand sebelum diubah adalah Siam. Siam diambil dari Bahasa Sansekerta, Syam dan diadopsi oleh Portugis sejak abad ke-16. Nama Siam diubah saat Phibum mengambil alih kekuasaan sebagai pemimpin diktator pada Tahun 1939.

Tujuan Phibum untuk mengubah nama Siam adalah menonjolkan identitas mereka dan membawa masyarakat ke arah yang lebih modern.

Rhodesia menjadi Zimbabwe
Peradaban manusia di Zimbabwe telah ada sejak 500.000 Tahun yang lalu. Dikutip dari Euro News, Zimbabwe dikenal dengan sebutan Rhodesia pada Tahun 1895 saat Inggris menguasai daerah tersebut.

Setelah berhasil merdeka dari kolonialisme, pada 1980 akhirnya Rhodesia mendapat pengakuan internasional dengan nama Republik Zimbabwe, kemudian dikenal dengan sebutan Zimbabwe.

Transjordan menjadi Jordan (Yordania)
Yordania termasuk negara yang mengalami beberapa kali perubahan nama. Sebelumnya, nama Yordania adalah Transjordan pada Tahun 1922. Namun, nama Transjordan kembali berubah menjadi The Hashemite Kingdom of Transjordan pada Tahun 1946 atas Perjanjian London.

Pada Tahun 1949, akhirnya nama The Hashemite Kingdom of Transjordan resmi diubah dengan sebutan The Hashemete Kingdom of Jordan atau Yordania dalam istilah Bahasa Indonesia.

Cape Verde menjadi Cabo Verde
Negara di Afrika Barat ini mengalami perubahan identitas menjadi Republik Cabo Verde atau Republica de Cabo Verde pada Tahun 2013. Istilah sebelumnya negara ini adalah Cape Verde atau tanjung Verde yang digunakan selama berabad-abad.

Dikutip dari National Geographic, Cabo Verde diambil dari nama Portugis dengan arti “Jubah Hijau”.

Swaziland menjadi eSwatini
Raja Swaziland, Raja Mswati III mengumumkan perubahan nama negaranya yaitu Kerajaan eSwatini pada Tahun 2018. Kerajaan eSwatini merupakan kerajaan satu-satunya yang masih berdiri di Afrika. Dilansir dari VOA News, eSwatini berarti “tempat rakyat Swazi” dalam bahasa Swazi.

Perubahan nama ini bertujuan untuk menghapus bayangan kolonialisme dari negara eSwatini.

Republik Makedonia menjadi Makedonia Utara
Perubahan nama Republik Makedonia menjadi Makedonia Utara resmi diumumkan pada Tahun 2019.

Perubahan nama ini mendapat dukungan dari masyarakat Makedonia dan sebagai tanda berakhirnya perselisihan panjang dengan Yunani. Keberhasilan perubahan nama menjadi Makedonia Utara melawati lebih dari 27 Tahun masa negosiasi