Cak Imin Minta Kasus SYL Tak Digeneralisir: Itu Pribadi

Ketua Umum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta supaya kasus dugaan korupsi yang menimpa eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tak digeneralisir.

Pasalnya, Cak Imin berpendapat bahwa kasus yang menimpa kader Partai NasDem itu bersifat pribadi sehingga tak bisa digeneralisir.

Pernyataan itu disampaikan Cak Imin merespons pertanyaan awak media soal kasus SYL memengaruhi elektabilitas pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) di Pilpres 2024.

“Jangan digeneralisir karena itu pribadi,” kata Cak Imin ketika ditemui usai menggelar Jalan Sehat bersama AMIN di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (8/10).

Cak Imin juga menegaskan, kasus yang menimpa SYL tak menjadi urusannya dengan Anies Baswedan. Ia mengatakan, kasus tersebut menyangkut pribadi jika memang ditemukan bukti-bukti yang menunjukkan SYL bersalah.

“Kita komit, pokoknya hukum ditegakkan seobjektif mungkin tanpa pandang bulu,” kata dia.

Syahrul sebelumnya dikabarkan terjerat dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Menko Polhukam Mahfud MD bahkan menyebut KPK telah menetapkan Syahrul sebagai tersangka.

Syahrul juga sudah buka suara merespons proses penegakan hukum di KPK tersebut. Ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian agar bisa fokus menghadapi proses hukum.

SUMBER:CNN