Belanda vs Prancis EURO 2024

Belanda vs Prancis ini akan kick-off pada Sabtu, 22 Juni 2024, pukul 02.00 WIB di Stadion Red Bull Arena Leipzig, Jerman.

Timnas Prancis dan Belanda terhitung sebagai tim yang kerap bersua. Secara keseluruhan, kedua kesebelasan ini saling beradu sebanyak 30 kali sejak tahun 1908

Pada pertemuan ke-31 saat ini, Prancis dan Belanda sama-sama membutuhkan kemenangan. Sebab, hasil positif akan berpengaruh pada peluang kedua tim melaju ke babak gugur EURO 2024.

Mengacu pada klasemen EURO 2024, Belanda saat ini memimpin tabel Grup D dengan perolehan 3 poin. Prancis mengekor Belanda di peringkat ke-2 dengan torehan poin yang sama.

Menilik pada rekor pertemuan kedua kesebelasan, Prancis berhasil merebut 16 kemenenangan. Catatan itu hanya selisih 5 angka dari raihan kemenangan Belanda, yakni 11 kali. Adapun pada 3 bentrok sisanya, kedua kubu berbagi skor sama kuat.

Prancis memang cukup mendominasi pertemuan kontra Belanda, terutama dalam 1 dekade terakhir. Les Bleus bahkan mencatatkan 5 kemenangan beruntun atas Belanda pada periode 2014-2018.

Belanda baru bisa menghentikan dominasi Prancis pada akhir 2018. Kala itu, Tim Oranje bersua Prancis di ajang UEFA Nations League. Hasilnya, Belanda menaklukkan Prancis via skor 2-0.

Akan tetapi, selepas itu, Prancis kembali menjadi pihak yang mempecundangi Belanda. Saat dua kali bentrok di Kualifikasi EURO 2024 tahun lalu, Prancis selalu menang atas Belanda, yakni dengan skor 4-0 dan 1-2.

Kedigdayaan Prancis atas Belanda memang dipengaruhi oleh kondisi masing-masing tim. Skuad Les Blues tengah menikmati generasi emas mereka beberapa tahun terakhir, mulai dari Antoine Griezman, Paul Pogba, N’Golo Kante, dan Kylian Mbappe.

Puncak dari generasi emas Prancis adalah menjuarai Piala Dunia 2018. Ketika nama-nama baru bermunculan, seperti Eduardo Camavinga dan Aurélien Tchouaméni, Prancis bahkan tetap mampu tembus ke final Piala Dunia 2022, kendati kalah.

Tak ayal, Belanda sempat absen di beberapa turnamen mayor lantaran tak lolos kualifikasi. Sebut saja EURO 2016 dan Piala Dunia 2018.

Pada EURO 2020 lalu, Tim Oranje cuma berkiprah hingga babak 16 besar. Adapun pada Piala Dunia 2022, Belanda hanya mampu menyentuh babak perempat final.

Perbedaan head to head dan situasi ini yang membuat Prancis cenderung lebih difavoritkan saat kembali berhadapan dengan Belanda. Meski begitu, hal ini tak serta merta dapat memastikan Prancis meraih kemenangan dengan mudah.

Prancis maupun Belanda sedang dalam tren positif. Selain berhasil memenangkan matchday pertama EURO 2024, kedua tim punya catatan menjanjikan di beberapa laga uji coba sebelumnya.

Dari 4 laga uji coba yang digelar Prancis sebelum EURO 2024, Les Bleus menang 2 kali, imbang 1 kali, dan kalah 1 kali. Di sisi lain, Belanda justru mampu menang 3 kali dan kalah 1 kali, dengan jumlah laga yang sama.

 

SUMBER : FLASHNEWS