Argentina ke Final Copa America 2024

Timnas Argentina berhasil melaju ke babak final Copa America 2024. Dalam pertandingan babak semifinal yang berlangsung di Meadowlands Stadium pada Rabu pagi, 10 Juli 2024, La Albiceleste mengalahkan Kanada dengan skor 2-0 berkat gol Julian Alvarez dan Lionel Messi.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni menurunkan duet Messi dan Alvarez sejak awal babak pertama dalam formasi 4-4-2. Mendapatkan dukungan empat gelandang, Enzo Fernandez, Rodrigo de Paul, Mac Allister, dan Angel di Maria, mereka menjadi ujung tombak untuk membuka pertahanan Kanada yang turun dengan formasi solid 4-2-3-1.

Tim Tango tampil dominan pada babak pertama. Lionel Messi dan kawan-kawan mendominasi 60 persen penguasaan bola dengan menciptakan delapan peluang mencetak gol, tetapi hanya satu yang mengarah tepat ke gawang. Sedangkan Kanada menguasai 40 persen bola dan mampu mencetak satu peluang matang dari empat usaha.

Peluang matang Argentina terjadi pada menit ke-22. Julian Alvarez berhasil mengontrol operan dari Rodrigo de Paul di dalam kotak penalti. Setelah berhasil melewati penjagaan pemain bertahan, ia berhasil melepaskan tendangan dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan La Albiceleste.

Argentina mendapatkan peluang lewat Di Maria pada menit ke-34 dan Messi pada menit ke-44, tetapi usaha tersebut masih mampu ditepis kiper Maxime Crepeau dan melenceng.

Kanada baru mendapatkan peluang pada menit ke-45+2 lewat Jonathan David. Mendapatkan bola di dalam kotak penalti, ia berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang Argentina. Namun, usahanya sia-sia karena kiper Emiliano Martinez masih mampu mementahkan peluang tersebut. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Argentina tak mengendurkan tekanan. Enam menit berjalan, Tim Tango berhasil menggandakan keunggulan lewat Lionel Messi yang berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Enzo Fernandez. Wasit Piero Maza sempat meninjau gol melalui VAR, tetapi gol tetap sah.

Tertinggal dua gol, pelatih Kanada Jesse Marsch membuat perubahan dengan memasukkan Ali Ahmed dan Liam Millar untuk menambah daya gedor. Keduanya menggantikan Richard Laryea dan Jacob Shaffelburg. Meski begitu, Kanada tetap kesulitan menciptakan peluang.

Pada menit ke-61, Alvarez justru mendapatkan peluang. Ia berhasil melepaskan tendangan dari jarak jauh ke arah gawang, tetapi kiper Crepeau berhasil melakukan penyelamatan.

Melihat timnya unggul dan tertekan, pelatih Argentina Lionel Scaloni melakukan perubahan dengan memasukkan Nicolas Otamendi dan Nahuel Molina untuk mengganti Gonzalo Montiel dan Nivolas Tagliafico. Pergantian ini memperkuat lini bertahan La Albiceleste.

Kanada yang mendominasi penguasaan bola pada 15 menit akhir pertandingan kesulitan mendekati gawang Martinez. Kanada mendapatkan dua peluang matang pada menit ke-89 lewat Tanitoluwa Oluwaseyi, tetapi masih bisa dimentahkan kiper Martinez.

Semenit berselang, Oluwaseyi kembali mendapatkan peluang setelah menerima umpan silang dari Osorio. Namun, sundulannya masih melebar. Tak ada peluang matang selama empat menit masa injury time. Argentina menang 2-0 dan siap menantang pemenangan laga Uruguay vs Kolombia di final Copa America 2024.

SUMBER : TEMPO.CO