Apa yang Didalami dari Artis FTV Kartika Waode? Ini Kata KPK

Artis FTV Wa Ode Kartika Sari atau Kartika Waode diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). Lalu, apa yang digali penyidik dari pemeriksaan Kartika?

Kartika diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sekretaris MA nonaktif Hasbi Hasan. Dia didalami terkait urusan aset Hasbi, termasuk dugaan kepemilikan sebuah rumah produksi.

“Ini saudara KW ya artis yang diini, ini terkait dengan perkaranya saudara HH. Dulu juga saya dikonfirmasi terkait dengan masalah ada rumah produksi dan lain-lain, tentu yang dipanggil ke sini dimintai keterangan pasti ada keterkaitannya,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur di KPK, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023).

Asep mengatakan tim penyidik KPK akan melacak aliran uang korupsi dari para pihak yang telah ditetapkan tersangka. Dia juga menjelaskan tidak semua orang yang dipanggil menjadi saksi otomatis dinyatakan bersalah.

“Jadi kedudukan sebagai saksi itu tidak serta merta menunjukkan orang itu bersalah, tidak. Justru kami memanggil orang-orang sebagai saksi itu adalah untuk melihat seperti apakah prosesnya. Ketika prosesnya hal tersebut hal yang wajar dan itu misalkan dilakukan di kegiatan-kegiatan yang tidak melanggar hukum, ya kita tidak mempermasalahkan itu,” jelas Asep.

KPK belum memerinci substansi dari pemeriksaan kepada Kartika hari ini. Asep mengatakan artis FTV tersebut didalami terkait peristiwa korupsi hingga dugaan aliran uang dari kasus korupsi yang menjerat Hasbi Hasan.

“Apakah terkait dengan peristiwa pidananya atau dari aliran dana yang diduga dari hasil korupsi,” katanya.

Hari ini total ada enam saksi yang diperiksa KPK dalam kasus korupsi Hasbi Hasan. Salah satu saksi yang dipanggil ialah seorang artis FTV bernama Wa Ode Kartika Sari atau Kartika Waode.

Kartika diketahui tercatat sebagai pegawai PT Athena Jaya Production, rumah produksi yang diduga dimiliki Hasbi.
Kartika telah tiba di gedung KPK sejak pukul 10.00 WIB. Selain Kartika, tim penyidik memeriksa lima orang saksi lainnya.

Berikut enam saksi Hasbi Hasan yang diperiksa hari ini:
1. Wa Ode Kartika Sari (Wiraswasta/pegawai PT Athena Jaya Production)
2. Nina Batuatas (Wiraswasta/pegawai PT Athena Jaya Production
3. Dedi Suwasono (advokat)
4. Fajar Kurniawan (Karyawan Swasta)
5. Rustan Effendy (Dokter)
6. Agusrin Maryono (Wiraswasta)

Hasbi Hasan telah ditahan di Rutan KPK. Dia diduga menerima suap Rp 3 miliar dalam skandal suap penanganan perkara di MA.

SUMBER:DETIKNEWS