Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Sama-sama Jalan Kaki Pagi Ini, Bedanya…

Anies ajak berjuang bersama
Usai melakukan jalan kaki di Makassar, Anies mengatakan saat ini biaya pendidikan, kesehatan, dan pangan di Indonesia masih mahal. Dia menyampaikan ingin mewujudkan Indonesia lebih adil dan makmur.
“Sejauh mata memandang itu banyak masyarakat Makassar. Kita ingin Indonesia adil, kita ingin Indonesia makmur,” kata Anies usai melakukan jalan kaki di Jalan Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad, 24 September 2023.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kepada masyarakat di Makassar untuk berjuang bersama-sama.

“Kita semua sedang berjuang bersama. Siap berjuang bersama? Apakah siap menyapa tetangga?” tutur Anies.

Keinginan membawa perubahan itu juga disampaikan Muhaimin Iskandar, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang disandingkan dengan Anies. Cak Imin, panggilan Muhaimin, mengatakan menangkap energi perubahan pada masyarakat Makassar.

“Luar biasa. Saya menangkap denyut nadi energi yang mengubah bangsa kita. Saya menangkap, Makassar, Sulsel, ingin perubahan, betul?” kata Cak Imin.

Anies dan Muhaimin adalah pasangan capres-cawapres yang diusung oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Ganjar komentari mi ayam Perindo
Lalu apa bedanya dengan Ganjar? Bakal capres 2024 yang diusung PDIP, PPP, Perindo dan Partai Hanura ini tak banyak buka suara. Ia sempat mengomentari mi ayam gerobak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Partai Perindo. “Enak, enak,” ucap dia.

“Kalau itu manajemennya baik, UMKM-nya naik kelas. Ini yang paling penting. Jadi, kalau dia naik kelas, tentu ada banyak lagi orang yang bisa diserap pekerjaannya,” kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini sempat menjawab pertanyaan awak media terkait Kaesang Pangarep yang resmi bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Sabtu, 23 September 2023.

Ganjar mengatakan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi tersebut mempunyai hak politik. Sehingga menurut Ganjar, Kaesang bisa merealisasikan hak demokrasinya.

“Dalam politik ini semua orang punya hak untuk berdemokrasi, jadi silakan siapa pun,” katanya di kompleks Stasion Gelora Bung Karno, Ahad, 24 September 2023.

Sementara Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang menemani Ganjar pagi itu memujinya. Hary Tanoe menyebut Ganjar sebagai sosok pemimpin ideal.

“Staminanya bagus. Memang saya rasa Ganjar adalah pemimpin yang ideal,” kata Hary Tanoe.
Hary juga memuji keharmonisan keluarga Ganjar sebab turut mengajak sang istri Siti Atiqoh Supriyanti untuk ikut olahraga bersama.

“Luar biasa, ya, jadi harmonis sama istri. Saya lihat luar biasa, kemudian hobinya sama, ini suami-istri hobinya sama olahraga, lari tiga kali putaran 5 kilometer. Apalagi, Bu Atiqoh katanya pernah maraton juga, terus juga merakyat bisa berbaur dengan semua orang,” tuturnya.

SUMBER:TEMPO