Alvaro Morata Kapten Timnas Spanyol di Euro 2024

Penyerang Atletico Madrid, Alvaro Morata, dipilih menjadi kapten Timnas Spanyol untuk Piala Eropa atau Euro 2024. Pelatih Spanyol, Luis de la Fuenten mematikan bahwa Morata menjadi kapten Timnas Spanyol, meski masih ada pemain veteran lainnya yang dibawa ke Euro seperti Dani Carvajal dan Nacho.

“Sebuah kebanggaan ketika bermain untuk Spanyol kemudian menjadi top skor atau menjadi kapten. Saya bisa meraih keduanya, selangkah demi selangkah,” kata Alvaro Morata di situs resmi UEFA pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Morata sudah tidak asing lagi dengan sepak bola Italia setelah membela Juventus selama dua periode pada 2014 hingga 2016 dan saat dipinjamkan pada 2020 hingga 2022. Spanyol sendiri akan mengawali kompetisi Piala Eropa 2024 dengan menghadapi Italia di Stadion Olimpiade Berlin.

“Saya sangat menyukai Italia. Mereka selalu memperlakukan saya dengan baik di sana (di Juventus). Namun, di dua Euro yang saya mainkan di (2016 dan 2020) kami tersingkir oleh mereka, jadi kami tahu mereka sangat kompetitif dan butuh banyak hal untuk menang, tetapi mereka juga tidak suka bermain melawan Spanyol,” kata Morata,

Lahir di Madrid, 23 Oktober 1992, karier sepak bola Morata dimulai ketika bergabung di tim junior Atletico Madrid tahun 2007. Sempat berlabuh ke sejumlah klub papan atas eropa, kini dia berseragam tim Atletico Madrid.

Morata kecil masuk ke akademi Atletico saat usianya baru menginjak 13 tahun. Namun, ia hanya bertahan selama dua musim. Pada 2007, Morata pindah ke Getafe. Berselang setahun kemudian Madrid langsung memboyongnya ke Valdebebas dan masuk ke dalam anggota Real Madrid C.

Pada Juli 2010, Morata langsung dipromosikan ke tim Madrid B setelah membawa timnya memenangi dua gelar, dan muncul sebagai top scorer dengan 34 gol. Prestasi Morata itu pun mampu memikat pelatih Jose Mourinho, dan membawanya ke dalam pertandingan pramusim pada 2011 lalu.

Pemain bertinggi 190 sentimeter itu melakukan debut di tim senior Madrid pada 12 Desember 2010. Ia masuk menggantikan Angel Di Maria pada menit ke-88, dalam pertandingan melawan Real Zaragoza. Sepuluh hari kemudian, Morata membuat debut di ajang Copa del Rey.

SUMBER : tempo.co