Alasan Piala Presiden 2024 Diikuti 8 Klub

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, mengungkapkan alasan Piala Presiden 2024 hanya diikuti delapan tim. Piala Presiden 2024 dijadwalkan bakal berlangsung di tiga kota, yakni Bandung, Bali, Solo pada 19 Juli-4 Agustus 2024. Ferry Paulus mengungkapkan Persib, Persija Jakarta, dan Arema FC dipilih mengikuti Piala Presiden 2024 karena merupakan klub yang sudah sering berpartisipasi. Terlebih lagi, Arema FC merupakan tim juara bertahan Piala Presiden, kendati pada Liga 1 musim lalu Singo Edan bercokol di peringkat 15.

Rencananya, Bandung dan Bali akan menjadi tuan rumah fase grup, sedangkan Solo bakal menggulirkan fase semifinal dan final Piala Presiden 2024. “Ya, pertama ada tiga klub yang selalu ikut berpartisipasi karena ini judulnya Piala Presiden, jadi klub itu harus ada,” kata Ferry Paulus dalam sesi jumpa pers di SCTV Tower pada Senin (15/7/2024). “Kami juga memilih tuan rumah, ada Persib (Bandung), Solo, dan Bali,” tutur mantan Presiden Persija Jakarta itu.

Selanjutnya, keputusan untuk memilih Madura United, Persib, PSM, dan Borneo diambil karena keempat klub itu mengikuti kompetisi level AFC. “Empat klub lagi yang berpartisipasi memilihnya dengan mengambil kontestan yang berpartisipasi di Piala Asia, ada Madura United, Persib, PSM, dan Borneo FC,” kata dia. Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan bahwa kompetisi pramusim ini akan berhadiah Rp 5 miliar untuk pemenangnya. “Hadiahnya Rp 5 miliar, ini baru dua minggu sudah Rp 5 miliar hadiahnya,” ujar Maruarar Sirait.

Maruarar Sirait berharap kehadiran Piala Presiden 2024 bisa melahirkan pemain berbakat. “Mohon dukungan dari semuanya agar bisa berjalan baik sesuai harapan Presiden ini bisa melahirkan pemain berprestasi dari unsur pembinaan, dan tak ada pengaturan skor,” tuturnya. Adapun Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar berada di Grup A Piala Presiden 2024. Selanjutnya, Bali United, Madura United, Persija Jakarta, dan Arema FC mengisi Grup B Piala Presiden 2024.

SUMBER : KOMPAS.COM