Airlangga Sebut Jokowi Netral di Pemilu 2024 Usai Bertemu Empat Mata dengan Prabowo

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memastikan netralitas Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2024. Dia mengatakan Jokowi tetap netral, meski melakukan pertemuan empat mata dengan calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto.

“Pak Jokowi netral,” kata Airlangga kepada wartawan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024).

Menurut dia, pemerintah juga masih bersikap netral dalam Pilpres 2024. Airlangga mengatakan masyarakat tak perlu khawatir soal kecurangan Pilpres 2024 sebab Pemilu 2024 digelar secara terbuka.

“Pemerintah netral, kami tidak khawatir karena pemilu kan secara terbuka. Wartawan bisa ada dimana-mana, KPU-nya jelas, Bawaslu-nya ada, sehingga kita percayakan,” jelasnya.

Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menuturkan bahwa Indonesia telah melakukan beberapa kali pemilu. Dia menyebut Indonesia dikenal sebagai negara yang demokrasi.

“Ini kan pemilu bukan yang pertama kali, kita sudah setiap 5 tahunan pemilu, dan Indonesia dinilai sebagai negara demokrasi yang menjalankan pemilu secara rutin, 5 tahunan, dan pemilunya berbeda dengan sebelum reformasi,” tutur Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengunggah foto dirinya tengah makan malam berdua dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jumat, 5 Januari 2024. Keduanya makan malam di salah saru restoran di kawasan Jakarta Pusat.

“Selamat berakhir pekan,” tulis Prabowo dikutip dari akun Instagramnya @prabowo, Sabtu (6/1/2024).

Ada dua foto yang diunggah Prabowo di akun media sosialnya. Foto pertama memperlihatkan Prabowo dan Jokowi makan berdua dan duduk saling berhadap-hadapan di satu meja makan.

Jokowi dan Prabowo tampak sedang menikmati makanan yang dihidangkan. Sedangkan foto kedua, Jokowi terlihat sedang tertawa lebar kepada Prabowo.

Jokowi tampak mengenakan kemeja bewarna putih, sedangkan Prabowo memakai batik bermotif cokelat. Belum diketahui apa yang diperbincangkan kedua tokoh politik itu.

Bahas Pilpres 2024

Setelah itu, Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). Keduanya sarapan dan olahraga pagi bersama.

“Tadi pagi jalan dan makan pagi (dengan Presiden Jokowi),” kata Airlangga kepada wartawan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Santu (6/1/2024).

Airlangga mengakui dirinya sempat berbicara empat mata dengan Jokowi. Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu juga membenarkan sempat membahas soal Pilpres 2024.

“Kalau Pilpres, kalau pembicaraan ya ada. Tapi apa yang dibicarakan, rahasia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai capres pada Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu maju Pilpres 2024 berpasangan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh sembilan partai politik yakni, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gelora, Partai PRIMA, dan Partai Garuda.

Prabowo Dinner Bareng Jokowi, Anies: Kalau Bertugas Sebagai Presiden dan Menteri Sah-sah Saja

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan merespon santai terkait pertemuan empat mata Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto.

“Ya kan ini menteri dengan presiden. Ya tidak apa-apa lah,” kata Anies ditemui usai hadir di acara bertajuk ‘Resolusi Indonesia’ di Tennis Indoor Senayan, Jumat malam, 5 Januari 2024.

Menurut Anies, selagi pertemuan keduanya dalam konteks sebagai Presiden dan Menteri maka tidak ada masalah. Dia menilai, pertemuan antara Presiden dan Menteri merupakan hal lumrah.

“Ini kan orang bertugas, ini kan bertugas yang satu bertugas sebagai presiden yang satu bertugas sebagai menteri, ya sah-sah saja nggak ada masalah,” ucap Anies.

SUMBER:LIPUTAN6