Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membantah kabar lima belas menteri siap mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Menurut Airlangga, tidak ada perubahan kondisi di kabinet Jokowi. Dia menegaskan semua berjalan baik-baik saja.

“Tidak ada. Tidak ada. Situasi biasa-biasa saja,” kata Airlangga setelah Konsolidasi Partai Golkar Jawa Barat di Bandung, Jumat (19/1).

Airlangga mengaku kenal betul setiap menteri di kabinet Jokowi. Dia menyebut tidak ada satu pun yang hendak mengundurkan diri.

Ia juga menampik isu pemakzulan Jokowi. Airlangga memastikan Golkar akan pasang badan untuk Jokowi bila ada upaya pemakzulan.

“Perkara itu di DPR tidak ada dan Partai Golkar akan menjamin bahwa itu tidak akan terjadi,” ucapnya.

Sebelumnya, ekonom Faisal Basri mengklaim ada 15 menteri yang akan mundur dari kabinet Jokowi. Dia tak merinci siapa saja menteri yang dimaksud.

Meski begitu, ia menyebut beberapa menteri yang menurutnya sudah siap mundur. Beberapa di antaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani enggan menanggapi kabar tersebut. Dia fokus bekerja sebagai menteri. Hari ini, ia dua kali ke istana mengikut rapat terbatas bersama Jokowi.

Terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menampik kabar mundur dari kabinet Jokowi.

“Saya malah saat ini sedang persiapkan debat di DK PBB (Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa) mengenai Gaza, besok malam saya ke New York,” ucap Retno kepada CNNIndonesia.com, Jumat.

SUMBER:CNN