79 Gedung Pencakar Langit Swasta Pasang Water Mist Atasi Polusi Udara

Satgas Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) Pemprov DKI Jakarta melaporkan jumlah gedung atau bangunan tinggi yang memasang alat water mist generator (pembuat embun) kian bertambah. Saat ini, total ada 79 bangunan tinggi milik swasta telah memasang alat water mist generator di atap gedungnya.

“Gedung swasta yang sudah terpasang water mist tercatat sebanyak 79 gedung,” kata juru bicara Satgas PPU Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Ani memerinci 4 gedung terletak di Jakarta Pusat, 4 gedung di Jakarta Utara, 27 gedung di Jakarta Barat, 40 gedung di Jakarta Selatan, serta 4 gedung di Jakarta Timur

Sementara di gedung Pemprov DKI, baru ada tujuh alat yang terpasang, yakni di lima Kantor Wali Kota dan Balai Kota DKI Jakarta. Untuk di Balai Kota DKI Jakarta, telah dipasang dua water mist, yakni di Blok G dan Blok H.

“Ke depan, akan segera menyusul beberapa gedung pemerintah lainnya yang juga dipasang water mist,” ujarnya.

Di sisi lain, Satgas PPU juga memastikan kegiatan penyiraman ruas jalan protokol tetap bergulir. Hingga 20 September 2023, kegiatan penyiraman jalan dilakukan di 249 lokasi di seluruh wilayah Jakarta. Sementara jumlah kendaraan uang digunakan sebanyak 243 mobil dan personel yang dikerahkan sebanyak 976 orang.

“Penyiraman jalan-jalan ini dilakukan paralel hingga pemasangan water mist sudah dilakukan lebih luas,” jelasnya.

SUMBER: DETIKNEWS