7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Isi Liburan Isra Miraj ke Sini Aja!

JOKERBOLA– INDONESIA memiliki banyak masjid megah dengan gaya arsitektur uniknya. Ya, negeri berpenduduk mayoritas muslim ini memang menyimpan banyak masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur kontemporer yang menarik minat banyak pelancong untuk berkunjung.

Bangunan yang megah, hiasan artistik, ukiran indah, dan desain interior sebagai ciri khas, menjadikan setiap masjid di Indonesia memiliki magnet tersendiri sebagai destinasi wisata religi.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah sambil menikmati keindahan arsitektur unik masjid, berikut Okezone rangkumkan tujuh masjid yang bisa Anda eksplor pada momen libur Isra Miraj, seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

1. Masjid Permata Qolbu

Masjid Permata Qolbu, di Pesanggrahan, Jakarta Selatan menggunakan desain kontemporer dan berdiri kokoh di Perumahan Permata Mediterania. Bangunan masjid ini didominasi oleh warna putih, dengan kolom-kolom besar yang menjulang ke atas dan terbagi-bagi dengan sekat.

 

Interior kolom-kolom tersebut terinspirasi oleh bentuk jari-jari manusia yang sedang berdoa, membentuk lafaz Allah pada bagian kubah. Pada malam hari, lampu-lampu yang menerangi bangunan ini menambah kesan kemewahan pada arsitektur masjid.

2. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar, terletak di rest area KM. 88 Tol Purbaleunyi, Bandung dengan arsitektur kontemporer sehingga menarik perhatian para pengguna jalan tol.

Dirancang oleh Ridwan Kamil dengan menggunakan riset teori Folding Architecture atau teknik melipat kertas (origami), masjid ini menonjolkan bentuk asimetris yang unik, dengan atap menyerupai ikat kepala khas masyarakat Sunda.

 

Desain yang unik ini membuatnya meraih penghargaan arsitektur terbaik Abdullatif Al Fozan Award pada 2019 di Arab Saudi, bersama dengan 26 masjid lainnya di seluruh dunia.

3. Masjid Babah Alun

Masjid Babah Alun, dengan konsep semi klasiknya, arsitektur bangunan mencolok saat kita memasuki gerbang tol Depok-Antasari (Desari). Meskipun terlihat seperti klenteng pada awalnya, masjid ini memiliki ciri khas dengan adanya kubah di bagian tengah bangunan.

Warna dominan yang digunakan dalam desain masjid ini adalah perpaduan merah, hijau, dan kuning emas yang kental dengan nuansa Tionghoa. Warna-warna tersebut melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kejayaan.

 

4. Masjid Al Jabar

Masjid Al Jabar di Kota Bandung, merupakan salah satu destinasi wisata religi utama di Jawa Barat. Masjid ini dapat menampung hingga 30 ribu jamaah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti museum dan galeri edukasi tentang Islam.

Terinspirasi dari rumus Aljabar, Masjid Al Jabar memiliki ornamen simetris dan geometris di setiap sisi bangunannya. Keunikan lainnya adalah konsep masjid ini yang memiliki 27 pintu, mewakili 27 kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

5. Masjid Agung Tubaba

Masjid Agung Tubaba, juga dikenal sebagai Masjid Agung Baitul Shobur, merupakan salah satu ikon wisata religi di Islamic Center Tulang Bawang Barat, Lampung. Keunikan masjid ini terletak pada desainnya yang mengapung di atas air.

Kubah masjid berbentuk persegi lima, melambangkan jumlah salat lima waktu. Menara masjid setinggi 30 meter, mewakili 30 juz dalam Alquran.

 

Arsitektur yang memukau ini membuat sang arsitek, Andra Matin, meraih penghargaan arsitek tertinggi dari Venice Biennale Architecture di Venice, Italia.

6. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan merupakan salah satu contoh masjid dengan gaya arsitektur yang unik.

Didesain oleh Ridwan Kamil, masjid ini memiliki 99 kubah yang melambangkan Asmaul Husna. Kubah-kubah tersebut menggabungkan warna merah, kuning, dan oranye yang mencolok namun tetap memancarkan keindahan.

Terletak di tepi Pantai Losari, Masjid 99 Kubah menampilkan kecantikannya terutama saat waktu Magrib atau matahari terbenam. Tak heran jika masjid ini menjadi ikon wisata religi di Makassar.

 

7. Masjid Sheikh Zayed

Masjid megah di Solo, Jawa Tengah ini merupakan destinasi wisata religi terbaru di kota Solo. Dibangun sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA), masjid ini mengadopsi desain arsitektur yang mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, dirancang oleh arsitek Yusef Abdelki.

Meskipun ukurannya lebih kecil daripada masjid di Abu Dhabi, Masjid Sheikh Zayed tetap mempertahankan warna dominan putih dengan aksen emas. Keindahan arsitektur masjid ini semakin diperkaya dengan keberadaan empat menara dan sebuah kubah utama yang menggambarkan gaya arsitektur Timur Tengah.

Sumber:Nanda Dwi Cahyani, Jurnalis