5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Menyulitkan Australia

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Jassim bin Hamad, Al-Rayyan, Minggu (28/01).

Timnas Indonesia mencatatkan sejarah baru di Piala Asia. Untuk pertama kalinya dalam keikutsertaannya, skuad Garuda lolos ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia berstatus sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Tim Merah Putih bisa lolos ke fase knockout setelah Kirgistan sukses menahan imbang Oman 1-1.

Namun, Timnas Indonesia mendapat lawan berat di babak 16 besar. Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Australia.

Timnas Indonesia tidak difavoritkan pada laga ini. Meski begitu, skuad Garuda punya beberapa pemain yang bisa menyulitkan Socceroos.

Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang diprediksi bisa menyulitkan Australia.

1. Yakob Sayuri


Yakob Sayuri menjadi langganan di posisi sayap kanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain PSM Makassar tersebut sudah bermain luar biasa sejauh ini.

Selama bermain di Qatar, Yakob Sayuri mampu memberikan satu assist. Dia bikin assist untuk gol Timnas Indonesia ke gawang Irak.

Yakob Sayuri dikenal memiliki kecepatan berlari yang luar biasa. Dia diperkirakan bisa menyulitkan pemain bertahan Timnas Australia.

2. Marselino Ferdinan


Marselino Ferdinan merupakan pemain andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Meski masih muda, gelandang ‎KMSK Deinze itu selalu menjadi starter dalam tiga laga di Piala Asia 2023.

Marselino Ferdinan memiliki kemampuan menggiring bola yang baik dan sering melewati pemain lawan. Dia juga bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Selama Piala Asia 2023, Marselino mencetak satu gol saat menghadapi Irak. Dia bisa kembali melakukannya saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Australia.

3. Asnawi Mangkualam


Asnawi Mangkualam merupakan kapten Timnas Indonesia. Bermain sebagai bek kanan, Asnawi Mangkualam sudah tampil mengesankan bersama skuad Garuda.

Pada laga melawan Vietnam, Asnawi Mangkualam menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia. Dia menjebol gawang Vietnam melalui eksekusi tendangan penalti.

Asnawi Mangkualam sering bermain sangat ngotot selama berada di lapangan. Jika mampu menunjukkan permainan apik itu, maka Australia jelas harus waspada terhadap pemain Port FC tersebut.

4. Pratama Arhan


Pratama Arhan biasanya menempati posisi bek kiri Timnas Indonesia. Dia mampu bermain cukup apik selama Piala Asia 2023.

Tak hanya bertahan, Pratama Arhan juga kerap membantu serangan Timnas Indonesia. Dia beberapa kali melakukan umpan silang ke jantung pertahanan lawan.

Pratama Arhan dikenal memiliki lemparan ke dalam yang mematikan. Hal itu bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Australia.

5. Rafael Struick


Rafael Struick menjadi pemain andalan di lini depan Timnas Indonesia. Pemain ADO Den Haag itu selalu bermain dalam tiga pertandingan di Piala Asia 2023.

Struick tampil sebagai starter saat melawan Irak, Vietnam dan Jepang. Sayangnya, penyerang berusia 20 tahun itu belum mampu mencetak gol untuk timnya.

Laga melawan Australia akan menjadi pembuktian Rafael Struick. Dia tentu berharap bisa membuka rekening golnya dalam laga ini.

SUMBER:Bolanet