Serba-serbi Persiapan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran

Serba-serbi Persiapan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta – Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan juga Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Ahad, 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB. Pelantikan akan berlangsung di tempat Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat. Selain dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional, acara pelantikan Prabowo-Gibran juga dihadiri oleh para pemimpin negara lain.

Berbagai persiapan telah dilakukan dilaksanakan untuk menyambut pelantikan presiden juga delegasi presiden, termasuk pada hal pengamanan acara penting tersebut.

14 Kendaraan Taktis Siaga pada Kompleks Parlemen

Tiga hari mendekati pelantikan, 14 kendaraan taktis bersiaga di area halaman kompleks parlemen, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Kamis. Kendaraan taktis yang disebutkan terdiri menghadapi 10 unit Anoa 6×6 Armoured Personnel Carrier (APC) serta 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV).

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto pada waktu dihubungi di tempat Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024, mengungkapkan pihaknya mengerahkan pasukan dari tiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, juga TNI Angkatan Udara, untuk operasi pengamanan acara pelantikan Prabowo-Gibran.

Kapuspen menyatakan setiap satuan TNI yang digunakan dikerahkan menjalankan tugas-tugas khusus. “Setiap satuan akan miliki peran khusus seperti pengawasan, patroli, dan juga pengamanan VVIP/VIP guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung,” kata Hariyanto.

Hariyanto menuturkan TNI bekerja sejenis dengan Polri pada keseluruhan rangkaian pengamanan. TNI juga sudah menyusun rencana pengamanan yang tersebut lengkap sesuai dengan permintaan pengamanan acara.

“Rencana itu mencakup pengamanan area sekitar lokasi pelantikan juga pengaturan arus lalu lintas lalu akses masyarakat,” ujarnya.

Dalam perencanaan yang digunakan sama, TNI juga menyiapkan langkah-langkah pencegahan terhadap berbagai jenis ancaman lalu gangguan, termasuk pengawasan ketat di dalam area-area yang tersebut berpotensi rawan.

TNI AU Siapkan Pesawat Intai untuk Patroli pada Wilayah Udara Bebas Jakarta

TNI Angkatan Atmosfer (AU) menyiapkan satu pesawat intai Boeing 737 dari Skadron Lingkungan 5 Pangkalan Atmosfer (Lanud) Hasanuddin untuk berpatroli di dalam wilayah udara Ibukota Indonesia selama operasi pengamanan VVIP (very very important person) pelantikan presiden dan juga perwakilan presiden.

Pesawat berjuluk “Camar Emas” dengan nomor registrasi AI-7303 itu telah dilakukan terparkir pada Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2024, pada waktu apel penghargaan pasukan kemudian alutsista TNI AU untuk operasi pengamanan VVIP acara pelantikan tersebut.

“Pesawat Boeing intai ini lengkap dengan kameranya bisa saja mengawasi Ibu Kota, pergerakan di tempat bawah, serta itu bisa jadi dipancarkan ke tiga titik, yaitu ke (posko) di dalam Medan Merdeka Barat, ke (gedung) Subden Mabes TNI Merdeka Barat, kemudian ke Kantor Komando Operasi Atmosfer Nasional sebagai penjaga wilayah kedaulatan udara (Indonesia),” kata Panglima Komando Operasi Lingkungan Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi pada waktu ditemui di area Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya