Rafael Nadal Umumkan Putusan untuk Pensiun, Berpartisipasi Terakhir Kali di Piala Davis November Mendatang

Rafael Nadal Umumkan Putusan untuk Pensiun, Berpartisipasi Terakhir Kali dalam Piala Davis November Mendatang

Jakarta – Setelah lama absen dari kompetisi tenis profesional, Rafael Nadal muncul dengan sebuah pengumuman besar pada Kamis, 10 Oktober 2024. Lewat sebuah video yang mana diunggah ke akun media sosial pribadinya, ia mengungkap rencana untuk pensiun sebagai petenis profesional.

Pria 38 tahun itu berencana gantung raket pasca menguatkan regu tenis putra Spanyol di finals Davis Cup 2024 pada pertengahan November nanti.

Kabar ini bisa saja dibilang tak terlalu mengejutkan lantaran Rafael Nadal belakangan memang benar telah banyak berkutat dengan cedera yang digunakan membuatnya kesulitan tampil kompetitif.

“Kenyataannya adalah ini merupakan tahun-tahun yang sulit, khususnya pada dua tahun terakhir,” kata Nadal di video pengumuman pensiunnya.

“Saya tak merasa saya kembali mampu bermain tanpa batasan. Tentu ini (pensiun) sebuah kebijakan yang sulit, sesuatu yang mana membutuhkan waktu sebelum dibuat.”

“Namun, inilah hidup. Semuanya punya awal dan juga akhir. Dan saya berpikir ini adalah waktu yang digunakan tepat untuk mengakhiri karier saya yang dimaksud panjang juga penuh kesuksesan yang mana tak pernah saya bayangkan,” katanya.

Rafael Nadal antusias akan menjalani aksi terakhirnya sebagai petenis profesional dengan meningkatkan kekuatan Spanyol dalam final Davis Cup 2024 yang akan berlangsung di area Malaga.

Ini jadi momen menarik tersendiri bagi Nadal yang mana pada awal kariernya pernah menyebabkan Spanyol juara Davis Cup 2004 yang tersebut kala itu juga bergulir di dalam Negeri Matador, tepatnya di area Seville.

“Saya sangat senang bahwa kejuaraan terakhir saya adalah final Davis Cup lalu mewakili negara saya (Spanyol),” katanya.

“Saya pikir saya sudah pernah menyeberangi satu siklus dikarenakan kebahagiaan pertama saya sebagai petenis profesional terjadi di area final Davis Cup di area Seville pada 2004.”

Dalam kesempatan ini, Rafael Nadal tak lupa berterima kasih untuk semua pihak yang tersebut sudah berkontribusi di karier tenis profesionalnya sejak 2001.

Petenis Spanyol itu pun turut mengumumkan dua rivalnya, yakni Roger Federer (Swiss) lalu Novak Djokovic (Serbia), yang digunakan sempat mewarnai persaingan tunggal putra dunia dengan penampilan The Big Three.

“Saya merasa amat sangat beruntung untuk segala hal yang mana sudah pernah saya alami (sebagai petenis),” tutur petenis yang digunakan dijuluki sebagai Raja Tanah Liat tersebut.

“Saya ingin berterima kasih terhadap seluruh lapangan usaha tenis, semua orang yang digunakan terlibat pada olahraga ini, kolega lama saya, juga khususnya para rival saya yang mana hebat.”

“Saya sudah pernah menghabiskan sejumlah hal dan juga waktu bersatu mereka. Saya pun telah dilakukan menjalani banyak momen yang tersebut akan saya kenang sepanjang hidup saya,” kata Nadal.