Erling Haaland Torehkan Rekor Gol dalam di Timnas Norwegia pasca Bikin Brace pada waktu Kalahkan Slovenia 3-0

Erling Haaland Torehkan Rekor Gol di dalam Timnas Norwegia pasca Bikin Brace pada waktu Kalahkan Slovenia 3-0

Jakarta – Erling Haaland kembali mencetak rekor. Ia memborong dua gol pada waktu mengantar Timnas Norwegia menang 3-0 aas Slovenia di tempat UEFA Nations League, Kamis, 10 Oktober 2024.

Gol itu mengantarnya menjadi pencetak gol terbanyak bagi Timnas Norwegia. Secara total ia pada masa kini sudah ada mengemas dengan 34 gol, unggul satu gol dari pemegang rekor sebelumnya, Joergen Juve.

Menjadi kapten kelompok tanpa peluncuran Martin Odegaard yang cedera, Haaland memikul tanggung jawab ekstra ketika melawan Slovenia. Namun, sekali lagi, gol-golnya hadir menjadi pembuktian serta rekor.

Apa kata beliau persoalan rekor itu? “Tentu saja, ini merupakan hal yang mana besar lalu bersejarah. Saya senang, serta ini adalah rekor yang mana fantastis untuk dicapai. Saya masih memiliki banyak tahun tersisa. Saya menikmatinya,” ujar Haaland terhadap para wartawan.

Penyerang bertubuh kekar ini mencetak gol pembuka pada menit ketujuh pasca Jan Oblak cuma mampu menangkis tendangan keras Antonio Nusa. Gol ini mengantarnya menyamai rekor Joergen Juve, yang tersebut mencetak gol terakhir dari 33 gol internasionalnya pada waktu menghadapi pasukan amatir Austria pada tahun 1934.

Haaland seharusnya dapat memecahkan rekor yang disebutkan di tempat awal fase kedua, namun sundulannya melambung dalam menghadapi mistar gawang. Penyerang lainnya, Alexander Sorloth, menyebabkan skor menjadi 2-0 untuk Norwegia, pasca tendangan pemain belakang Slovenia, Vanja Drkusic, mengarah ke jalurnya.

Dikenal dengan gaya bermainnya yang digunakan lugas kemudian bertenaga, Haaland menghabiskan sebagian besar waktu pada awal fase kedua untuk memberikan umpan terhadap rekan setimnya. Namun, pada menit ke-62 Sorloth memberikan umpan yang digunakan sempurna kepadanya lalu ia menuntaskannya dengan tendangan kaki kiri yang tersebut menjadi ciri khasnya untuk menjadi pencetak gol terbanyak bagi Norwegia.

Gol ke-34 Haaland tercipta pada laga internasional ke-36, sembilan gol tambahan sedikit dari yang dicetak oleh Juve pada kariernya.

Dalam laga ini, striker Manchester City berusia 24 tahun ini tampil di dalam seluruh lapangan. Ia menyundul bola dalam lini pertahanan lalu mengatur serangan ketika Norwegia menampilkan salah satu penampilan terbaiknya di beberapa tahun terakhir dalam depan pendukung sendiri.

“Itu adalah pertandingan yang dieksekusi dengan baik,” kata Haaland. “Saya merasa bangga. Hal ini adalah rekor yang dimaksud sudah pernah bertahan lama. Saya merasa baik. Sudah lama sekali saya tidak ada miliki energi sebanyak ini di tempat lapangan.” 

Norwegia, yang tersebut belum pernah lolos ke putaran final kompetisi besar sejak Euro 2000, memuncaki Kompetisi B Grup 3 dengan tujuh poin. Mereka unggul tiga poin dari Austria dan juga Slovenia, dengan Kazakhstan pada tempat terbawah dengan satu poin.

Tim asuhan Stale Solbakken akan menghadapi laga tandang yang tersebut sulit menghadapi Austria pada hari Minggu.

“Sekarang kami miliki pertandingan tandang yang mana sulit – meskipun kami menang pada kandang, kami tiada boleh memulai pembangunan ekspektasi terlalu tinggi, kami tiada boleh terlalu bersemangat,” kata Haaland.

REUTERS