Gibran Tinjau Pelaksanaan Peparnas 2024 di tempat tempat Solo, Simak Komentarnya

Gibran Tinjau Pelaksanaan Peparnas 2024 di tempat Solo, Simak Komentarnya

Solo – Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka meninjau penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di tempat Daerah Perkotaan Solo, Jawa Tengah, Jumat, 11 Oktober 2024.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mendatangi salah satu venue Peparnas 2024 yaitu dalam Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tiba di dalam lokasi sekitar pukul 14.15 WIB, kedatangannya disambut oleh Ketua Panitia Besar (PB) Peparnas, DB Susanto serta Ketua NPC Indonesia Senny Marbun. Didampingi keduanya lalu beberapa orang panitia dan juga tamu, Gibran menyaksikan pertandingan para-badminton di area venue yang dimaksud selama sekitar 1 jam. 

Ditemui awak media seusai menyaksikan pertandingan, Gibran mengakui akhir pekan ini memang benar ingin berada di area Solo untuk menonton pertandingan pada rangkaian kegiatan Peparnas 2024 tersebut. “Ya ini nanti saya tungguin sampai closing (penutupan Peparnas 2024). Saya memang sebenarnya weekend ini ingin nonton pertandingan,” ujar dia. 

Saat dimintai kepastian akan hadir pada seremoni penutupan, Gibran mengiyakan. Ia mengaku sudah menerima undangan dari Ketua PB Peparnas 2024 hari ini. “Insya Allah (hadir di dalam seremonial penutupan). Hal ini baru dapat Hal ini undangan ya. Insya Allah hadir di tempat hari Hari Minggu di malam hari (16 Oktober 2024) ya. Nanti tolong teman-teman media mengambil bagian meramaikan juga,” katanya. 

Namun, ketika ditanya apakah dirinya yang mana akan melakukan penutupan rangkaian event Peparnas 2024 tersebut, ia membantah serta menegaskan hanya saja akan menonton. “Bukan saya. Saya kan tidak siapa-siapa? Saya belaka menonton saja,” tuturnya. 

Terkait pelaksanaan kegiatan Peparnas 2024, Gibran menilai penyelenggaraannya berjalan sukses. Menurut dia, bahkan lebih besar baik bila dibandingkan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON). 

“Saya kira sukses ya. Saya lihat tadi Jateng (Jawa Tengah) lawan Lampung. Sejauh ini saya memantau dari berjauhan ya, saya kan baru sampai ini, dari akomodasi, konsumsi, penyelenggaraan pertandingan, dan juga lain-lain, saya kira lancar semua ya. Overall lebih banyak baiklah dari PON,” ucap dia. 

Ia menambahkan kesuksesan pelaksanaan Peparnas 2024 mengikuti dua event olahraga untuk atlet disabilitas ASEAN Para Games di dalam Pusat Kota Solo. “Kita kan telah dua kali ya ini. Peparnas, ASEAN Para Games, dua-duanya sukses. Termasuk badminton ini termasuk paling bagus,” ucapannya menambahkan.