Ketika Suporter Penuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno 2 Jam Sebelum Laga Indonesia vs Australia Dimulai

Ketika Suporter Penuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno 2 Jam Sebelum Laga Indonesia vs Australia Dimulai

Jakarta – Puluhan ribu suporter telah lama memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dua jam sebelum laga Timnas Indonesia vs Australia dimulai. Duel dua pasukan ini adalah laga kedua Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026. Kompetisi dimulai pukul 19.00 WIB.

Membeludaknya para pendukung Timnas Indonesia menimbulkan ruas jalan di dalam sekitar kawasan Gelora Bung Karno padat merayap. Penonton yang tersebut hadir dengan menghadirkan kendaraan bermotor pun harus antre untuk mendapatkan tempat parkir.

Suporter timnas yang mana datang SUGBK mayoritas menggunakan jersi berwarna merah yang dimaksud merupakan seragam kandang skuad “Garuda”. Kebanyakan dari merekan pun tidaklah sendirian. Ada yang menyebabkan anak, istri, gerombolan teman bahkan rombongan.

Ramlan, salah individu suporter, menontonlaga Timnas Indonesia bersatu sang anak. “Semoga hari ini Indonesia menang, prediksi saya 2-1. Salah satu golnya dari Ragnar Oratmangoen,” kata warga Tangerang Selatan itu.

Pendukung Indonesia datang ke SUGBK dengan diliputi optimisme lantaran anak-anak asuh pembimbing Shin Tae-yong itu mampu menahan imbang tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1 pada laga perdana dalam Grup C, hari terakhir pekan dinihari, 6 September 2024.

Hasil yang dimaksud dirasa sangat baik lantaran Arab Saudi merupakan regu berperingkat 56 FIFA, sementara Indonesia berada pada tempat 133. “Semoga peluncuran kami para suporter dapat memberikan motivasi untuk pemain,” tutur Ramlan.

Harapan Ramlan sejalan dengan Tias, warga Pamulang yang mana juga yakin Indonesia dapat menundukkan Australia. Bagi Tias, tak ada yang tidak ada mungkin saja pada sepak bola lantaran Australia, peringkat 24 FIFA, pun ditundukkan oleh Bahrain, pasukan berposisi 80 ranking FIFA, pada kandangnya sendiri pada pertandingan pertamanya di dalam Grup C. “Jadi bukanlah tidaklah mungkin saja Indonesia mengalahkan Australia,” ujar dia.

PSSI menyatakan tiket laga Indonesia kontra Australia habis terjual. Sekitar 60 ribu suporter Indonesia akan berada di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pertandingan Indonesia melawan Australia di area SUGBK akan menjadi laga kedua untuk kedua pasukan di area Grup C pada putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia. Pada laga pertama, Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 serta Australia ditekuk kelompok tamu Bahrain dengan skor 0-1.

Saat ini, Indonesia berada dalam sikap keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia dengan satu poin, di area bawah peringkat satu Jepun (enam poin), kedua Bahrain (enam poin), lalu ketiga Arab Saudi (satu poin). Di kedudukan kelima juga keenam ada Australia serta China dengan nol poin.

Sorak-sorai Sertai Kedatangan Timnas Indonesia

Yel-yel dukungan dari para suporter mengiringi kedatangan regu nasional Indonesia di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno. ”Indonesia, Indonesia,” teriak para suporter ketika bus timnas Indonesia yang digunakan berwarna merah sampai dalam SUGBK tepat pukul 17.28 WIB.

Kehadiran skuad Garuda di tempat SUGBK lebih besar lama 18 menit dari Timnas Australia yang digunakan mulai memasuki SUGBK pada pukul 17.10 WIB. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan skuadnya akan menunjukkan semangat pantang menyerah di area lapangan walau laga itu berat bagi skuadnya. “Australia ketika ini berada pada peringkat 24 FIFA, sementara Indonesia dalam 133. Jadi pertandingan besok tidaklah mudah tetapi kami kelompok yang pantang menyerah,” ujar beliau pada konferensi pers pra-pertandingan.