Timnas Indonesia Tahan Australia 0-0 pada Kualifikasi Piala Planet 2026, Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Marwah Kita Naik

Timnas Indonesia Tahan Australia 0-0 pada Kualifikasi Piala Planet 2026, Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Marwah Kita Naik

Jakarta – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia berhasil menjaga keberhasilan bangsa melalui pertandingan yang dimaksud mereka itu lakoni.

Hal itu diungkapkan Erick ketika ditanya mengenai antusiasme rakyat usai pertandingan timnas Indonesia melawan Australia pada laga Kualifikasi Piala Planet 2026 di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Keberhasilan skuad Garuda untuk menahan imbang Australia yang dimaksud berada di dalam peringkat 24 FIFA — sangat di dalam melawan Indonesia yang tersebut berposisi 133 — menurut Erick mengangkat tarif diri warga negara Indonesia.

Sebelumnya, timnas Indonesia juga mampu menahan imbang tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1 pada laga perdana di area Grup C, Kamis, 5 September.

“Wah luar biasa antusisme, ini yang dimaksud saya kemudian Pak Menpora diskusi ini hormat bangsa kita sebab seperti kemarin di area Saudi kita tahu publik kita di area sana kan TKI serta merekan bekerja, ya dengan sanggup menahan 1-1 marwahnya naik,” kata Erick, yang berada pada samping Menteri Pemuda juga Olahraga (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

“Ketika kita di tempat Qatar warga kita bekerja, mampu bermain dengan baik keberhasilan kita naik, mirip hari ini kita kan setiap saat dipandang rendah sebanding Australia, hari ini buktikan ya kita seimbang-seimbang saja.”

Soal permainan skuad Garuda, Erick menilai counter attack atau serangan balik dari Jay Idzes lalu kawan-kawan masih kurang rapi. “Itu nanti kita harus perbaiki juga permainan kita kalau kita mau lolos Piala Dunia,” kata Erick.

Erick juga tak mau berkomentar berbagai mengenai upaya penyelamatan gawang timnas oleh sang kiper Marteen Paes yang dimaksud mendapat serangan bertubi-tubi.

“Sudah diprediksi, tingginya sebanding identik Pak Menpora… tapi saya rasa gini, ini bukanlah permainan individu,” ujar Erick.

Meski mendapatkan gempuran dari Australia, lini pertahanan timnas Indonesia mampu menahan gelombang serangan sehingga skor 0-0 tetap saja bertahan hingga akhir pertandingan.

Hal itu berarti Indonesia yang digunakan belum terkalahkan pada kualifikasi zona Asia putaran ketiga sekarang telah terjadi mengemas dua poin dari dua pertandingan yang digunakan telah lama dilalui, sedangkan Australia menempati kedudukan kelima dengan torehan satu poin.

Timnas Indonesia pada waktu ini tertahan di dalam peringkat empat klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia.

Sementara itu, Arab Saudi mampu naik ke peringkat pertama klasemen sementara Grup C pasca menaklukkan Cina dengan skor 2-1 di dalam Stadion Dalian Suoyuwan, Dalian, Selasa.

Laga berikutnya, timnas Indonesia akan melakoni laga tandang berhadapan dengan Bahrain pada 10 Oktober 2024. Setelah itu, Skuad Garuda akan dijamu oleh Cina pada 15 Oktober 2024.