Rekap Hasil Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Conmebol: Kolombia Kalahkan Argentina 2-1, Brasil Juga Keok

Rekap Hasil Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Conmebol: Kolombia Kalahkan Argentina 2-1, Brasil Juga Keok

Jakarta – James Rodriguez menyebabkan Timnas Kolombia menang 2-1 menghadapi Argentina pada laga kedelapan kualifikasi Piala Global 2026 zona Conmebol, Rabu, 11 September 2024. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di area Stadion Metropolitano Roberto Melendez tersebut, ia mencetak satu gol pada menit ke-60 melalui penalti.

Selain gol penentu kemenangan tersebut, James Rodriguez memberikan assist bagi gol Kolombia yang diciptakan Yerson Mosquera, pada menit ke-25. Argentina sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang tersebut diciptakan Nicolas Gonzalez di area menit ke-48. Namun, penalti James Rodriguez menentukan dari akhir laga.

Kemenangan Los Cafeteros melawan Tim Tango di area pertandingan ini memproduksi James Rodriguez dan juga kawan-kawan menjaga kesempatan lolos segera ke putaran final Piala Bumi 2026 yang akan dilakukan di area Jerman nanti. Kolombia ada dalam sikap kedua klasemen sementara kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Conmebol dengan 16 poin, atau dua poin pada bawah Argentina yang mengawasi klasemen dengan 18 poin.

Ini menjadi kali pertama Timnas Kolombia berhasil meraih kemenangan melawan Timnas Argentina sejak 2019. Sebelum kemenangan ini, Timnas Kolombia tertunduk dari Timnas Argentina di final Copa America 2024 pada Juli lalu. Karena itu, kemenangan ini sekaligus sebagai pembalasan dari kekalahan di tempat final.

Di sisi lain, kemenangan ini juga meneruskan rapor bagus Timnas Kolombia sepanjang kualifikasi Piala Planet 2026. Tim asuhan Nestor Lorenzo pada masa kini tiada terkalahkan di 8 laga kualifikasi Piala Global 2026 dengan rapor 4 kemenangan serta 4 kali imbang.

Adapun bagi Timnas Argentina yang telah dilakukan meraih 6 kemenangan dari 8 laga kualifikasi, kekalahan ini menjadi yang dimaksud kedua yang dimaksud mereka alami setelahnya kalah 0-2 dari Uruguay pada 15 November 2023. “Kemenangan ini sangat berarti oleh sebab itu kami mengalahkan kelompok seperti Argentina yang sudah meraih kemenangan segalanya,” kata James Rodriguez seusai pertandingan.

“Cuaca di tempat laga ini sangat panas, namun kami menciptakan pertandingan yang mana luar biasa serta ini kemenangan yang digunakan pantas kami raih,” kata beliau menambahkan. 

Kemenangan Kolombia berhadapan dengan Argentina bukanlah satu-satunya kejutan dari laga ke-8 kualifikasi Piala Planet 2026 zona Conmebol.  Pada hari yang digunakan sebanding pula, Timnas Paraguay berhasil mengalahkan pasukan kuat Amerika Selatan lainnya, Brasil.

Dalam pertandingan yang tersebut diselenggarakan dalam Stadion Defensores del Chaco itu, satu-satunya gol Timnas Paraguay diciptakan Diego Gomez pada menit ke-20. Hasil ini menciptakan Paraguay juga menjaga potensi untuk lolos langsung, walaupun merek ketika ini masih di tempat peringkat ke-9, namun hanya sekali tertinggal 1 poin dari Venezuela yang mana ada di dalam peringkat ke-6 dengan 10 poin.

Untuk zona Conmebol, dari 10 tim, hanya sekali tempat 1 hingga ke-6 akan mendapatkan tiket lolos dengan segera ke putaran final Piala Planet 2026. Sedangkan peringkat ke-7 harus melalui laga play-off.

Rekap Hasil Kualifikasi Piala Planet 2026 Zona Conmebol pada 10 September 2024:

Kolombia 2-1 Argentina
Cile 1-2 Bolivia
Ekuador satu-nol Peru
Venezuela 0-0 Uruguay
Paraguay satu-nol Brasil

Shin Tae-yong Bicara Alasan Ganti Rafael Struick lalu Mainkan Pratama Arhan di dalam Tempat Tak Biasa