Jadwal Proliga 2025 Digelar 3 Januari hingga 11 Mei, Tim Putra Ketambahan Surabaya Samator

Jadwal Proliga 2025 Digelar 3 Januari hingga 11 Mei, Tim Putra Ketambahan Surabaya Samator

Jakarta – Kompetisi bola voli nasional, Proliga 2025, dijadwalkan berlangsung pada 3 Januari hingga 11 Mei 2025. Jadwal ini yang disebutkan telah dilakukan diinformasikan terhadap klub-klub calon kontestan pada konferensi virtual yang berlangsung Rabu, 28 Agustus 2025.

Pertemuan yang mana dipimpin Ketua Proliga, Hanny S. Surkatty, itu disertai oleh perwakilan klub-klub partisipan Proliga 2024. Di sektor putra ada DKI Jakarta LavAni Allobank Electric, Ibukota Indonesia STIN BIN, DKI Jakarta Bhayangkara Presisi, Palembang Bank SumselBabel, Ibukota Pertamina Pertamax, Ibukota Indonesia Garuda Jaya, lalu pasukan lama yang akan terlibat kembali yakni Surabaya Samator. 

Sedangkan dalam bagian putri yang dimaksud hadir adalah Ibukota Indonesia BIN, DKI Jakarta Electric PLN, Ibukota Indonesia Popsivo Polwan, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Bandung Bank bjb Tandamata, kemudian Ibukota Indonesia Livin Mandiri.

Pelaksanaan kompetisi musim depan sedikit berbeda dengan musim kompetisi tahun lalu. Untuk putaran reguler putaran satu kemudian dua akan berlangsung 3 Januari hingga 23 Februari 2025. 

“Setelah itu kompetisi dihentikan selama Siklus Ramadhan lalu dimulai lagi pasca Lebaran untuk final four sampai grand final,” kata Hanny, seperti termuat di rilis panitia.

Laga final four putaran satu dan juga dua hingga grand final berlangsung pada 17 April 2025 hingga 11 Mei 2025.

Menurut Hanny, pada musim kompetisi yang dimaksud telah dilakukan memasuki tahun ke-23 ini, setiap pasukan tetap memperlihatkan diperkenankan menggunakan dua pemain asing.

“Kalau dulu pemain lokal juga asing setiap klub boleh diganti satu pemain mendekati putaran kedua. Sekarang diperkenankan tiga pemain lokal termasuk dua pemain asing sebelum putaran satu final four berlangsung, yaitu 17 April 2025,” ungkap Hanny.

Hanny juga berharap, jadwal Proliga 2025 tidaklah akan bentrok dengan jadwal Kejuaraan Internasional, seperti yang terjadi pada tahun ini. “Kita harapkan bukan ada jadwal yang dimaksud bentrok dengan internasional,” kata dia.

Menurut Hanny, pendaftaran kontestan dijadwalkan paling lambat 28 Oktober 2025. Ada empat regu yang akan mengesahkan kontrak baru yakni Ibukota Indonesia Bhayangkara Presisi, Ibukota STIN BIN untuk putra dan juga satu lagi putri DKI Jakarta BIN, ketiganya telah dilakukan habis masa kontraknya, dan juga Surabaya Samator yang digunakan menyetujui secara resmi kontrak baru.

Pilihan Editor: