Makna Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2024 Rancangan Seniman Bali Monez

Makna Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2024 Rancangan Seniman Bali Monez

JAKARTA – Google Doodle terlibat meramaikan HUT ke-9 RI di bentuk karnaval topeng tradisional hingga pakaian adat.

Doodle sendiri adalah karikatur atau gambar unik pada laman Google Search. Biasanya, Google Doodle ini berubah-ubah sesuai dengan hari yang tersebut dirayakan.

“Hari Kemerdakaan Indonesia ini Dirayakan dengan Pawai 17-an!” demikian diambil dari situs Doodle. “Merdeka! Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!”.

Doodle Hari Kemerdakaan diilustrasikan oleh seniman tamu berbasis di area Bali, Monez. Monez adalah seniman peraih Sarjana serta Magister Seni di area Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

Makna Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2024 Rancangan Seniman Bali Monez

Konsep karya Monez adalah menghormati warisan budaya bangsa yang mana kaya dan juga visinya untuk masa depan cerah dalam bawah tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Monez menangkap esensi era baru bagi Indonesia, menyoroti perjalanan bangsa yang sedang berlangsung menuju persatuan, kemajuan, dan juga pembangunan.

Karya seni ini menampilkan permadani pulau-pulau Indonesia yang digunakan beragam, disatukan pada perpaduan harmonis yang mana melambangkan kekuatan kolektif bangsa lalu persatuan pada keberagaman.

Doodle ini mengambil inspirasi dari lanskap budaya Indonesia yang tersebut kaya, menggabungkan unsur-unsur dari seluruh nusantara, seperti pola batik yang rumit, aksi anggun tarian tradisional, serta diatur di latar parade; termasuk semangat perubahan yang mana mengupayakan bangsa ke depan.

“Warna-warna cerah lalu detail di Doodle mencerminkan perjalanan Indonesia dari akar sejarahnya hingga aspirasi modernnya, mewujudkan semangat kemerdekaan kemudian dorongan tak kenal lelah menuju masa depan yang mana sejahtera,” tulis Google.

Karya seni ini menampilkan keragaman dari pulau-pulau Indonesia, yang bersatu di perpaduan harmonis “yang melambangkan kekuatan kolektif bangsa kemudian persatuan dalamkeberagaman.”