Trik Pemakaian Kipas Angin agar Ruangan Lebih Dingin, Pakai Prinsip Fisika

Trik Pemakaian Kipas Angin agar Ruangan Lebih Dingin, Pakai Prinsip Fisika

JAKARTA Kipas angin menjadi perangkat efisien untuk menciptakan rasa sejuk. Jika menggunakannya memakai prinsip fisika, penggunaannya lebih tinggi dingin.

Melansir Essanews, Mulai Pekan (19/8/2024) kipas angin menjadi alat yang dimaksud ekonomis juga efektif untuk mengatasi panas selama musim kemarau. Namun, tidak ada semua orang menggunakannya dengan benar. Melalui prinsip fisika, penggunanya dapat meningkatkan efisiensi perangkat ini serta meningkatkan kenyamanan.

Kemudahan penggunaannya serta biaya operasional yang digunakan rendah menghasilkan kipas angin banyak dipilih sebagai alternatif lebih besar diskon daripada sistem pendingin udara yang dimaksud mahal. Namun, penting untuk diingat bahwa kipas angin bukan mendinginkan udara, melainkan hanya sekali menggerakkannya.

Terdapat cara menggunakan kipas angin untuk memaksimalkan efisiensinya. Kuncinya adalah penempatan yang tepat dan juga memanfaatkan prinsip fisika.

Pendekatan terbaik dengan menempatkan kipas angin untuk memacu udara hangat pergi dari daripada menarik udara dingin masuk. Letakkan perangkat pada di ruangan, mengarahkan aliran udara keluar. Hal ini membantu mengeluarkan udara hangat dari pada ruangan.

Banyak orang menghasilkan kesalahan dengan meletakkan kipas angin tepat pada depan jendela, yang mana hanya saja mengedarkan udara yang tersebut ada di tempat depan kipas angin. Di sinilah efek Bernoulli berperan. Efek Bernoulli terjadi apabila kipas angin ditempatkan sedikit menjauh dari jendela, dengan bilahnya berada di area level jendela yang dimaksud terbuka.

Udara yang mengalir dari kipas angin menciptakan area bertekanan rendah dalam sekitarnya, menarik udara tambahan dari sekelilingnya. Ini adalah memungkinkan pengeluaran udara pada jumlah total yang tersebut lebih besar besar dengan lebih tinggi cepat serta efisien.

Namun, seberapa jarak jauh seharusnya meletakkan kipas angin? Hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti diameter bilah kipas angin juga ukuran jendela. Cobalah bereksperimen untuk menjamin bahwa kerucut udara yang digunakan digerakkan oleh kipas angin mencapai semua sudut jendela.

Trik lain yang mana patut dicoba dengan menggunakan ventilasi tekanan negatif. Ketika udara hangat didorong keluar, udara dingin mampu masuk ke ruangan dengan lebih tinggi efisien. Jika memungkinkan, mengakses jendela di area sisi yang tersebut berlawanan dengan kipas angin untuk memungkinkan udara yang dimaksud tambahan sejuk mengalir masuk.