Novita Mawar Sharon, Mahasiswi Akuntansi Jadi Anggota DPRD Termuda di Yogyakarta

Anggota DPRD Kota Yogyakarta terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin (12/8/2024).

Dalam pelantikan tersebut terdapat nama Novita Mawar Sharon sebagai anggota legislatif termuda, yakni dengan umur 24 tahun.

Novita yang masih duduk di bangku kuliah semester akhir di Universitas Sanata Dharma jurusan akutansi ini sempat dipandang sebelah mata oleh rekan-rekannya.

Saat masa kampanye, dia hanya dianggap sebagai pelengkap, di mana dalam pencalonan legislatif terdapat aturan 30 persen keterwakilan dari perempuan.

“Sudah pasti dipandang sebelah mata tapi kemarin saat proses kampanye turun langsung ke masyarakat bukan hanya ajang promosi,” ujar dia, Kamis (14/8/2024).

Saat kampanye dirinya berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan masyarakat untuk memilih anak muda dan membangun raya kepercayaan di tengah-tengah masyarakat.

“Menumbuhkan rasa percaya masyarakat, menghilangkan keraguan mereka memilih anak muda,” ucapnya.

Anggapan rekan-rekanya tidak membuatnya patah semangat, dukungan dari keluarga dan rekan-rekannya menguatkan Novita untuk membuktikan bahwa anak muda bisa berkiprah di dunia politik.

“Mereka enggak menyangka kalau saya bisa duduk di kursi legislatif. Kaget (rekannya) temennya baru 23 tahun ini bisa di dewan apalagi jurusannya akuntansi,” kata dia.

Menjadi anggota legislatif dan mahasiswa membuatnya harus pintar-pintar membagi waktu.

“Karena sudah semester akhir jadi tidak terlalu banyak mata kuliah, saya nanti kuliah sore pagi hingga siang bisa bekerja,” ucapnya.

100 hari kerja menjadi legislatif bakal dia isi dengan turun langsung ke masyarakat, melanjutkan program sebelumnya, dan mengusulkan program-program baru untuk mengatasi masalah masyarakat.

Salah satu program yang bakal dia usulkan kepada pemerintah adalah penanggulangan kejahatan jalanan atau masyarakat saat ini menyebut dengan klitih.

“Fokus turun ke masyarakat lagi. Kalau saya karena menjunjung anak muda dan ada kasus klitih di Jogja namun belum ada program jangka panjang saya akan fokus di situ,” ucapnya.

SUMBER:KOMPAS