Salip Marc Marquez di Klasemen, Enea Bastianini Merendah: Saya Bukan Kandidat Juara

JOKERBOLAUsai menyapu bersih kemenangan Sprint dan Grand Prix dalam MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 2-4 Agustus 2024, Enea Bastianini kembali naik ke peringkat ketiga pada klasemen pembalap. dengan koleksi 192 poin, ia unggul 13 poin atas rider Gresini Racing, Marc Marquez.

Dalam pekan balap kali ini, ‘Bestia’ menemukan setup motor yang baik di kualifikasi, yang selama ini jadi kelemahannya. Ia pun start ketiga, dan melaju di posisi keempat pada paruh pertama balapan Grand Prix, sebelum menyalip Aleix Espargaro pada Lap 11 dan Pecco Bagnaia pada Lap 14.

Sejak itu, Bastianini terus mengejar Martin secara perlahan tapi pasti. Mendapat tekanan, Martin pun melakukan kesalahan dengan melebar di Tikungan 1 dan 3 pada Lap 19, membuat Bastianini dengan mudah menyalip. Rider Italia ini akhirnya melenggang meraih kemenangan.

Banyak Merenung Selama Liburan Musim Panas

“Saya sangat senang atas hasil akhir pekan ini. Musim panas ini saya banyak berpikir untuk memahami di mana saya bisa melakukan sesuatu yang lebih. Saya memeriksa ritme saya dan ternyata cukup baik untuk podium di tiap balapan,” ujar Bastianini dalam jumpa pers, Minggu (4/8/2024).

“Sayangnya, saya sering tertinggal saat time attack sehingga selalu start dari belakang. Akhir pekan ini, pendekatan saya pada time attack baik. Kemarin adalah kemenangan Sprint pertama saya dan hari ini adalah balapan sesungguhnya,” lanjut rider Ducati Lenovo Team ini.

Berkat dua kemenangan di Silverstone ini, Bastianini kembali masuk ke dalam peta perebutan gelar dunia. Dengan 10 seri tersisa musim ini, Bastianini ‘hanya’ tertinggal 49 poin dari sang pemuncak klasemen pembalap, Jorge Martin. Namun, ia tak mau jemawa, dan memilih merendah.

Sebut Jorge Martin dan Pecco Bagnaia Lebih Konsisten

“Saat ini, saya tak merasa bahwa saya kandidat juara. Pecco dan Jorge telah terbukti lebih konsisten ketimbang saya di setiap balapan, dan kedua rider ini selalu di depan. Terkadang, saya merasakan sesuatu, tetapi ada di belakang,” ungkap pembalap Italia berusia 26 tahun ini.

“Jika saya ingin jadi kandidat juara, saya harus mencari kemajuan ke arah ini. Saya pun ingin terus begini di sisa musim. Jika pada akhir musim saya punya kesempatan ini , kita lihat saja nanti,” pungkas Bastianini.

Bastianini dan para pembalap lainnya akan kembali berlaga dalam MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring pada 16-18 Agustus 2024. Meski merupakan seri kandang KTM, Sirkuit Red Bull Ring dikenal sebagai daerah teritori Ducati, yang mengoleksi tujuh kemenangan di trek ini sejak 2016.

SUMBER: Anindhya Danartikanya, Bola.net