Megawati Tanya Jokowi: Kenapa Sih Indonesia Maju, Bukan Indonesia Raya

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah mempertanyakan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan nama Kabinet Indonesia Maju pada periode kedua pemerintahannya.

Mulanya, Megawati menilai penggunaan frasa Indonesia maju itu tidak sesuai dengan semangat yang dibawa oleh para pendiri bangsa Indonesia.

“Sepertinya kita ini, saya katakan, tidak konsisten. Saya bilang pada Pak Jokowi, kenapa sih Indonesia maju, mbok ya sudah, Indonesia Raya, itu yang diharapkan diinginkan oleh para pendiri kita,” kata Megawati saat menyampaikan pidato kebangsaan di Mukernas Perindo di Inews Tower, Jakarta, Selasa (30/7).

Lalu, Megawati mengatakan ayahnya, Proklamator RI Sukarno pernah bercerita bahwa Indonesia setelah merdeka sedang membangun jembatan emas.

Ia menyebut jembatan emas itu yang akan digunakan untuk Indonesia berjalan ke arah yang lebih baik dengan menjadi negara maju.

“Bung Karno kan selalu mengatakan, ketika itu saya masih SD. Kamu mesti ingat kalau kita merdeka ini tujuannya adalah menuju ke sana, yang sedang kita bangun adalah jembatan emasnya,” jelas Megawati.

Kendati demikian, Megawati mengaku pada awalnya tidak langsung paham atas perumpamaan yang disampaikan Sukarno tersebut. Ia baru memahami perumpamaan tersebut ketika semakin dewasa.

“Apa sih ini bangun jembatan emas? Tapi lama-lama makin saya dewasa lalu saya mengerti bahwa itu hanya arah, bahwa berarti pengesahan Indonesia Raya yang ada di sana,” jelas Megawati.

SUMBER:CNN