Siap Ramaikan Industri EV Tanah Air, GAC Aion Tawarkan Standar Baru Mobilitas Premium

Salah satu produsen mobil listrik asal China, GAC Aion, kini siap memeriahkan pasar otomotif Tanah Air.

Tak hanya menjadi angin segar bagi pencinta otomotif, kehadiran GAC Aion menjadi sinyal kuat bahwa pasar mobil listrik Indonesia kian berkembang.

Untuk diketahui, GAC Aion merupakan salah satu merek di bawah naungan GAC Group, perusahaan otomotif besar asal China yang telah lama dikenal di pasar global. GAC Aion mengusung visi untuk menjadi pelopor dalam industri mobil listrik dengan fokus pada teknologi inovatif dan desain yang menarik.

Setelah beberapa tahun sukses di pasar domestik dan internasional, GAC Aion akhirnya memutuskan untuk memasuki pasar Indonesia.

Langkah tersebut diambil dengan pertimbangan bahwa Indonesia, sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, memiliki potensi besar untuk adopsi mobil listrik.

Selain itu, kebijakan pemerintah Indonesia yang mendukung kendaraan listrik dengan berbagai insentif menjadi faktor penunjang bagi keputusan ekspansi ini.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (28/5/2024), Vice President Aion Indonesia, Qin Bangshu, mengatakan, langkah tersebut menjadi upaya perseroan dalam menjawab langkah Indonesia untuk mempercepat menuju era elektrifikasi pada kendaraan bermotor sebagaimana Perpres 55/2019.

“Jadi, setiap tahun setidaknya akan ada 2-3 mobil yang akan diluncurkan. Pada tiga tahun pertama, kami berencana akan memiliki 7 produk untuk pasar Indonesia,” ujar Qin.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Aion Indonesia Andry Ciu menjelaskan, pihaknya saat ini meluncurkan tiga jenis mobil di Indonesia. Ketiganya dirancang untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Seluruh produk kendaraan rendah emisi tersebut dihadirkan secara utuh (completely built-up/CBU) dari negara asalnya, China,” kata Andry saat berbincang dengan Kompas.com dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (26/7/2024).

Ajang tersebut, kata dia, sekaligus menjadi penanda eksistensi Aion Indonesia. Di GIIAS 2024 juga,, kata Andri, pihaknya baru saja meluncurkan Hyptec HT.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat, antusiasme pengunjung terhadap mobil besutan Aion Indonesia cukup tinggi.

Hal itu terlihat dari ramainya pengunjung yang tidak hanya datang untuk melihat, tapi juga merasakan langsung keunggulan fitur dan sensasi kenyamanan serta kemewahan dari lini kendaraan yang ditampilkan di booth Aion yang terletak di Hall 3, ICE BSD.

Adapun Hyptec HT mengedepankan empat karakteristik utama. Pertama, excellent excellent design yang mencerminkan perpaduan seni, teknologi dan kemewahan kelas tinggi yang membuatnya sangat artistic.

SUMBER:KOMPAS