Yamaha Indonesia Soal Kans Aldi Satya Mahendra Naik Kelas: Bisa ke Moto2, Bisa Juga ke WorldSSP

JOKERBOLA – Manager Motorsport Department Yamaha IndonesiaWahyu Rusmayadi, tak memungkiri pihaknya berharap Aldi Satya Mahendra bisa naik kelas balap pada 2025. Wahyu pun tak menutup kemungkinan untuk pindah ke Moto2 atau naik ke kelas WorldSSP.

Saat ini, Aldi sedang berlaga di WorldSSP300 bersama Team BrCorse Yamaha dan menempati peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan 110 poin, hanya tertinggal 19 poin dari Inigo Iglesias Bravo di puncak. Ia mengoleksi 4 podium, termasuk kemenangan di Race 2 Seri Emilia Romagna.

Dengan performa mentereng dari Aldi ini, Wahyu pun tak memungkiri keinginannya melihat Aldi naik kelas. Ia juga tak menepis keinginan untuk melihat Aldi berlaga di kelas Moto2, terutama dengan skuad Yamaha VR46 Master Camp Team, yang saat ini menaungi Jeremy Alcoba dan Ayumu Sasaki.

Pasti Ada Peluang Naik Kelas

“Kami punya master plan, tapi rencana itu perlu dilakukan secara bertahap. Dorna Sports (pemegang hak komersial MotoGP dan WorldSBK) sendiri melakukan inovasi di kejuaraan dunia, seperti perubahan regulasi dan regulasi pembalap. Kami pun harus melihat trennya,” ujar Wahyu kepada Bola.net di sela ARRC Mandalika 2024, Sabtu (27/7/2024).

“Kami akan terus adaptasi, dan pikirkan keberlanjutannya, mulai dari pembibitan dan pembinaannya, sampai siap balapan di kejuaraan dunia. Jadi, kalau ditanya ada peluang atau tidak, pasti ada. Namun, kami harus buat jalan kariernya dulu mulai dari produk dan brand-nya,” lanjutnya.

Wahyu juga menyatakan Yamaha Indonesia juga harus proaktif dalam mencari kesempatan untuk Aldi. Namun, ia menyatakan bahwa Moto2 takkan jadi satu-satunya pilihan. Ia mensinyalir bahwa naik ke kelas WorldSSP juga merupakan potensi yang baik bagi rider berusia 18 tahun tersebut.

Mulai Pikirkan Masa Depan Usai Seri Portugal

“Kami tidak bisa membuat grand plan dengan satu alternatif saja, minimal ada dua. Ke WorldSSP juga bisa, karena ada jalan karier pembalap lain yang bisa kami tiru. Tentunya, ini berdasarkan evaluasi. Tugas kami memastikan profesionalisme, konsistensi, dan semangatnya agar para rider kami bisa terus mengharumkan nama bangsa bersama Yamaha di kejuaraan dunia,” tutur Wahyu.

Ia juga menyatakan bahwa masa depan Aldi kemungkinan baru akan dibicarakan setelah WorldSSP300 Portugal pada 9-10 Agustus 2024 nanti. “Kami berkolaborasi dengan subsidiary kami, yakni Yamaha Motor Europe, jadi kami selalu tetap melakukan kontak dengan mereka,” ungkapnya.

“Semua tim Yamaha di sana semua ada di bawah naungan Yamaha Motor Europe. Namun, kami belum negosiasi, belum under radar juga, karena untuk WorldSSP300 baru bisa terlihat dalam dua seri terakhir. Jadi, rencana baru bisa dibuat setelah Seri Portimao pada Agustus nanti,” tutup Wahyu.

SUMBER: Anindhya Danartikanya, Bola.net