Nama: Indra Sjafri, Hobi: Kalahkan Thailand di Final!

JOKERBOLA – Pelatih Timnas Indonesia U-19Indra Sjafri sepertinya memiliki hobi yang unik. Pelatih berusia 61 tahun itu punya hobi untuk mengalahkan Thailand di partai final.

Sejak tahun 2023 kemarin, PSSI memberikan tugas baru kepada Indra Sjafri. Ia yang semula menjadi direktur teknik diminta untuk menangani Timnas Indonesia U-20.

Di tahun 2024 ini, tugas pertama Indra Sjafri adalah menangani Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2024 yang kebetulan diselenggarakan di Surabaya.

Meski tidak ditargetkan menjadi juara, namun Indra Sjafri berhasil membawa Skuad Garuda menjuarai Piala AFF U-19 2024. Usai pertandingan final beberapa saat yang lalu, Indra Sjafri nampaknya jadi ‘pengendali’ Thailand di partai final.

Juara Piala AFF U-22 2019

Sejarah apik Indra Sjafri dan Thailand dimulai pada Piala AFF U-22 2019 silam. Pada saat itu, Indra Sjafri dipercaya menangani Skuad Garuda.

Finish sebagai runner up grup B, Indonesia berhadapan dengan Vietnam di semifinal. Menang 1-0 atas The Golden Star, Skuad Garuda berjumpa dengan Thailand di partai final yang digelar Olympic Stadium, Phnom Penh.

Di laga itu, Indonesia sempat tertinggal 1-0 berkat gol Saringkan Promsupa. Namun Sani Rizki dan Osvaldo Haay mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 sehingga Timnas Indonesia U-22 menjadi juara.

Final Kedua Lawan Thailand

Pencapaian apik Indra Sjafri saat berhadapan dengan Thailand di partai final terjadi empat tahun setelahnya.

Indra Sjafri diminta PSSI memimpin Timnas Indonesia U-23 untuk bertanding di SEA Games 2023. Indonesia yang berhasil melaju ke final kembali berhadapan dengan Thailand.

Pertandingan ini berjalan sengit di waktu normal. Brace Ramadhan Sananta berhasil disamakan oleh Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha. Sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak tambahan waktu ini, Irfan Jauhari, Fajar Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra masing-masing mencetak satu gol sehingga Indonesia memenangkan medali emas, dan Indra Sjafri untuk kali kedua mengalahkan Thailand di final.

Hattrick Kemenangan di Final

Beberapa jam yang lalu, Indra Sjafri resmi hattrick kemenangan di final ketika menghadapi Thailand.

Kali ini, Indra Sjafri berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke final Piala AFF U-19 2024. Lawan yang dihadapinya kali ini lagi-lagi adalah Timnas Thailand U-19.

Di laga ini, Indra Sjafri berhasil meracik taktik yang impresif untuk meredam keganasan Thailand. Sehingga gol semata wayang Jens Raven sudah cukup untuk membawa Garuda Nusantara menjadi juara.

Sebenarnya Ogah Ketemu Thailand

Dalam konferensi persnya sebelum pertandingan, Indra Sjafri sebenarnya enggan untuk bertemu Thailand lagi.

Ia inginnya bertemu dengan Australia untuk mendapatkan pengalaman baru, eh malah bertemu Thailand lagi.

“Kalau mau jujur kemarin, mana yang dipilih melawan Australia, Thailand, atau Malaysia. Dari ketiga itu saya lebih memilih lawan Australia. Tapi, Thailand juga menang dan akhirnya ketemu lagi dengan Thailand,” kata Indra Sjafri.

SUMBER: Serafin Unus Pasi, Bola.net