Read Time:1 Minute, 37 Second

4 Cara Mencegah Kolesterol Naik

4 Cara Mencegah Kolesterol Naik

TEMPO.COJakarta – Sejatinya kolesterol adalah sebuta untuk zat lilin yang dijumpai dalam tubuh yang berguna membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Namun, kolesterol dengan kadar yang terllau tinggi juga tidak baik untuk kesehatan. Seringkali kolesterol dihubungkan dengan beragam masalah kesehatan, mulai dari hipertensi (darah tinggi), jantung koroner, stoker hingga arteri perifer.

Berkaca dari hal tersebut, upaya untuk mencegah kolesteorl tinggi perlu dilakukan. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu kadar kolesterol. Lantas, bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh?

1. Pola makan sehat 

Dikutip dari p2ptm.kemkes.go.id, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kolesteril adalah membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak karena dapat meningkatkan kolesterol. Selain itu, menghindari konsumsi minuman beralkohol. Perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan ikan.

2. Jaga berat badan 

Dilansir dari WebMD, berat badan yang terkontrol maka dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebab, berat badan berlebih dan obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Hal ini membuat tubuh lebih berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk menjaga berat badan dapat dilakukan melalui hal kecil, misalnya lebih memilih minum air putih daripada soda atau minuman manis serta melakukan gerakan-gerakan kecil seperti jalan kaki.

3. Hindari merokok 

Dilansir dari nhs.uk, merokok dapat meningkatkan kolesterol tubuh dan meningkatkan risiko mengalami masalah serius seperti serangan jantung, stroke, dan kanker. Karena itu, kebiasaan merokok harus segera dihentikan dan dihindari.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan mencari penggantinya untuk menyibukkan mulut, seperti mengunyah permen karet, makan kuaci, atau minum air putih setiap kali ingin merokok. Beberapa aktivitas seperti berjalan-jalan atau membaca buku dapat dilakukan untuk meredam perasaan ingin merokok.

4. Periksa kolesterol secara rutin

Dilansir dari hopkinsmedicine.org, ketika telah menginjak usia 20 tahun, setidaknya lakukan pengukuran kolesterol minimal lima tahun sekali. Pemeriksaan rutin terhadap kolesterol sejak dini dapat merupakan langkah preventif untuk menghindari risiko lebih buruk dari dampak kolesterol tinggi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.