breaking news

Via Vallen Terima ‘Pesan Mesum’ Jadi Sorotan Media Internasional

June 7th, 2018 | by bento bento
Via Vallen Terima ‘Pesan Mesum’ Jadi Sorotan Media Internasional
SPORTS
0

JAKARTA– Via Vallen, penyanyi dangdut yang sedang ngetop dan melesat lewat lagu
Sayang, sedang menjadi sorotan media, bahkan media internasional, bukan terkait lagu baru dan penampilannya, namun karena posting “screenshot” pesan bernada melecehkan dari netizen yang belakangan diketahui merupakan atlet sepakbola.

Artis 26 tahun asal Jawa Timur itu memposting screenshot pesan yang diterimanya di Instagram, Selasa malam (4/6) lalu. Pesan tersebut berbunyi “i want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes”.

Pesan tersebut dilingkari merah oleh Via, lalu Via menulis di bawah pesan itu dalam bahasa Inggris. “Sebagai penyanyi, saya dipermalukan oleh pemain bola terkenal di negara saya sekarang.”

“Saya bukan perempuan macam itu!!” kata penyanyi bernama asli Maulidia Octavia itu. Dia juga menulis bahwa dia tidak kenal dan tidak pernah bertemu pria tersebut.

Meski demikian, Via menutup nama dan foto profil pengirim pesan tersebut.

Dua jam setelah gambar diunggah, Via kembali mengunggah screenshot. Kali ini berisi percakapan dengan seorang yang diduga mengirim pesan pertama. “Kamu gila, kenapa screenshot?” kata pria itu.

Pelecehan Berbasis Siber

Komisioner Komnas Perempuan Sri Nurherwati menjelaskan bahwa yang dialami oleh Via termasuk pelecehan seksual berbasis siber.

“Terkait medianya, ini termasuk cyber harassment, bentuk kekerasan seksual. Kalau dalam RUU penghapusan kekerasan seksual, masuk dalam pelecehan seksual non fisik,” kata Sri Nurherwati pada BBC Indonesia,Selasa (5/6).

Sri menilai bahwa tindakan Via mengumumkan pelecehan yang menimpanya
ke media sosial adalah tindakan tepat. “Posting ini sebaiknya dibaca
sebagai alarm dukungan, agar tidak ada impunitas, dan korban mendapat
pemulihan,” kata Sri.

Di Tangerang Zelatan, kemarin, Via Vallen menyatakan, belum ada permintaan maaf dari pelaku. “Tiba-tiba saja dia DM begitu, disuruh ke rumahnya, saya sebagai perempuan dan penyanyi dangdut, dipandang sebelah mata. Saya merasa syok dan dilecehkan. Walau begitu saya nggak mau ngelaporin, tujuannya untuk edukasi korban pelecehan agar mau
bicara,” katanya.

Komisioner Komnas Perempuan Sri Nurherwati meminta agar perempuan-perempuan yang mengalami kasus serupa untuk tidak diam. Langkah pertama, korban dapat menegaskan ketidaksukaan atas pesan yang didapatkannya.

Selanjutnya, “dapat memproses secara hukum dan mengakses layanan konseling”. Sebab, dampak kejahatan siber ini bisa menjatuhkan hidup perempuan, yang berisiko menjadi korban berulang kali, dan bisa terjadi seumur hidup.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi ikut berkomentar atas kasus yang menimpa Via Vallen. Menpora menyatakan rasa prihatin atas kasus pelecehan tersebut.

“Saya minta kepada Via Vallen sahabat saya untuk sabar, ini bulan puasa, tentu ini ujian,” ujar Imam Nahrawi di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (6/6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *