Read Time:3 Minute, 51 Second

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Vs Wuling Almaz Hybrid, Pilih Mana?

TEMPO.COJakarta – Varian termurah Toyota Kijang Innova Zanix Hybrid dijual dengan harga Rp 458 juta. Sedangkan Almaz Hybrid Rp 470 juta.

Masyarakat Indonesia saat ini memiliki dua pilihan mobil hybrid yang diproduksi secara lokal. Pertama dalah Wuling Almaz Hybrid yang sudah diluncurkan pada 3 November 2022. Kemudian ada Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang peluncurannya dilakukan pada 21 November 2022.

Keduanya telah dirakit secara lokal di pabrik masing-masing yang berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Almaz Hybrid merupakan SUV dengan tujuh penumpang. Sedangkan Innova Zenix Hybrid merupakan MPV yang juga memiliki kapasitas tujuh penumpang. Namun, Innova Zenix Hybrid kini dengan tampilan crossover.

Almaz Hybrid ditawarkan dalam satu varian saja. Sedangkan Kijang Innova Zenix Hybrid ditawarkan dalam tiga varian, yakni G, V, dan Q. Innova Zenix Hybrid juga memiliki opsi penambahan body kit Modelista pada tipe V dan Q.

Dimensi

Jika disandingkan, dimensi Almaz Hybrid dan Kijang Innova Zenix Hybrid ini mirip-mirip alias beda tipis. Almaz Hybrid memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm serta wheelbase 2.750 mm. Almaz Hybrid yang terlahir sebagai sebuah SUV memiliki ground clearance 230 mm.

Sedangkan Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, serta wheelbase 2.850 mm. Meski memiliki tampilan crossover, Kijang Innova terkini masih mempertahankan ground clearance model lama, yakni 185 mm.

Dari dimensi di atas, Kijang Innova Zenix memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibanding Almaz Hybrid.

Mesin

Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin 2.0L dengan daya 132 HP dan torsi maksimum 168 Nm. Dikombinasikan dengan motor listrik menghasilkan total daya 174 HP dan torsi 320 Nm. Baterainya berkapasitas 1,8 kWh.

Sedangkan Kijang Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS yang menghasilkan daya 150 HP (152 PS) pada 6.000 rpm dan torsi 187,3 Nm (19,1 Kgm) pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin 4 silinder Dual VVT-i ini diperkuat oleh motor listrik berdaya 111,4 HP (113 PS) dan torsi 206 Nm (21 Kgm), sehingga menghasilkan daya gabungan sebesar 184,3 HP (186 PS). Baterai pada Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki kapasitas yang lebih kecil dibanding Almaz Hybrid, yakni 1,3 kWh.

Keduanya sama-sama menggunakan sistem penggerak roda depan.

Sedangkan sistem hybrid keduanya memiliki dasar kerja yang sama, motor listrik dapat bekerja secara individu menggunakan tenaga baterai, atau mesin saja sambil mengisi baterai, atau keduanya dapat sama-sama menggerakkan roda sehingga kinerja mesin menjadi lebih ringan dan berujung pada penghematan konsumen bahan bakar.

Harga

Almaz Hybrid hanya ditawarkan dalam satu tipe saja dengan harga Rp 470 juta. Harga tersebut berlaku on the road untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sedangkan Kijang Innova Zenix Hybrid ditawarkan dalam tiga tipe yakni G, V, dan Q. Pada tipe V dan Q ditambahkan pilihan dengan body kit Modelista.

Tipe G ditawarkan dengan harga Rp 458 juta, lalu tipe V Rp 522,15 juta, tipe V Modelista Rp 532 juta, tipe Q TSS Rp 501 juta, dan tipe Q TSS Modelista Rp 611 juta.

Berdasarkan harga tersebut, Almaz Hybrid akan berhadapan langsung dengan Kijang Innova Zenix Hybrid tipe G.

Daftar harga Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid:

Wuling
– Almaz Hybrid Rp 470 juta

Kijang Innova Zenix Hybrid:
– Tipe G: Rp 458 juta
– Tipe V: Rp 522,15 juta
– Tipe V Modelista: Rp 532 juta
– Tipe Q TSS: Rp 601,15 juta
– Tipe Q TSS Modelista: Rp 611 juta

Teknologi Canggih

Secara teknis, teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang disematkan pada Almaz Hybrid akan jauh lebih unggul dibanding Kijang Innova Zenix Hybrid tipe G. Namun, akan berimbang jika dibandingkan dengan tipe Q yang sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense.

Sebagai gambaran, dengan Rp 470 juta, Almaz Hybrid sudah dilengkapi dengan Teknologi ADAS yang di dalamnya meliputi Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, Intelligent Cruise Assistance, Intelligent Cruise Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, dan Intelligent Head Beam Assistance.

Sedangkan Toyota Safety Sense yang terdapat pada Kijang Innova Hybrid Tipe Q (belum terdapat di tipe G) terdiri dari Pre-collision system, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert & Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam.

Tipe V sudah mengadopsi beberapa bagian dari Toyota Safety Sense tadi, misalnya untuk Cruie Control.

Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki empat mode berkendara, yakni Eco, Normal, Power, dan EV (mode listrik). Sedangkan pada Almaz Hybrid terdiri dari EV Mode, Series Hybrid dan Parallel Hybrid.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.