breaking news

Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa

May 23rd, 2018 | by bento bento
Tips Turunkan Berat Badan Saat Puasa
Health
0

JAKARTA – Bulan puasa Ramadhan tak hanya dimanfaatkan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dengan menjalani beribadah. Momen istimewa ini juga kerap dimanfaatkan banyak orang untuk menurunkan berat badan.

Dengan cara yang tepat, menurunkan berat badan dapat terwujud tanpa menimbulkan masalah kesehatan dan yang terpenting, dalam menurunkan berat badan saat puasa adalah memperhatikan 3J, yaitu jumlah, jenis, dan jadwal pola makan.

“Jumlah, kalau mau menurunkan berat badan harus lebih sedikit dari kebutuhan. Sederhananya, kurangi porsi makan seperempat porsi dari yang biasanya. Ini sudah mengurangi berat badan,” kata Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK.

Selain itu, hindari melewatkan waktu makan, meski hanya sekali. Sementara saat puasa, dr Samuel menyarankan untuk mengubah jadwal makan, contohnya makan siang diubah menjadi makan berbuka puasa dan sahur.

“Saat puasa ya jadwal makannya diubah saja. Kalau biasanya makan pagi, siang dan malam, maka saat puasa makan siangnya dipecah 50% ke makan sahur dan 50% ke makan saat berbuka,” beber dia.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jenis makanan. Hindari gorengan karena minyak dan goreng bisa meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Sebagai alternative, sebaiknya konsumsi sayur dan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *