breaking news

Tips Terhindar dari Influenza, Jangan Salaman Setelah Batuk

May 11th, 2018 | by bento bento
Tips Terhindar dari Influenza, Jangan Salaman Setelah Batuk
Health
0

JAKARTA – Influenza merupakan penyakit saluran nafas akut yang mudah menular dan disebabkan virus influenza yang tersebar di seluruh dunia.

Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara (aerosol) dan percikan ludah (droplet) kontak langsung dari seseorang yang infeksius.

Setiap orang, termasuk mereka yang sehat dapat terkena influenza dan komplikasi dapat terjadi, terutama pada kelompok beresiko tinggi seperti anak-anak, mereka yang lebih dari 65 tahun, individu dengan penyakit kronik, dan ibu hamil. Namun, ada cara mudah terhindar dari penyakit ini.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD menyarankan untuk menjaga higienitas dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum dan setelah beraktivitas. Selain itu, penting juga untuk tidak bersalaman dengan orang lain.

“Penularan bisa dari manusia ke manusia. Kalau lagi batuk, flu dan ketawa itu bisa menyebar, kita batuk pakai tisu, terus salaman ke orang lain, ini akan nular. Batuk dan bersin itu partikelnya kecil sekali, bisa masuk ke saluran pernapasan paru-paru dan bisa menularkan ke mata,” jelas Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *