Read Time:1 Minute, 57 Second

Timnas U-20 Indonesia Dibantai Prancis U-20 6-0, Shin Tae-yong Soroti Mental Pemain

TEMPO.COJakarta – Pelatih Shin Tae-yong mengatakan mental pemain Timnas U-20 Indonesia harus diperbaiki. Hal ini disampaikan setelah skuad Garuda Muda itu kalah telak melawan Prancis U-20 dalam laga uji coba pada Jumat dinihari WIB, 18 November 2022.

Bermain di Pinatar Arena Football Center, Murcia, Spanyol, Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya dibantai 6-0. Ini pertandingan uji coba pertama yang dijalani tim asuhan Shin Tae-yong setelah pindah dari Turki, hanya selang dua hari setelah mereka tiba di Spanyol.

Shin Tae-yong tak menampik bahwa para pemain masih tampak kelelahan usai menyelesaikan TC di Turki yang digelar sejak 16 Oktober. Apalagi, sebelum pindah ke Spanyol, mereka baru saja menjalani uji coba terakhir di Turki pada Minggu, 13 November.

“Karena kondisi mereka belum pulih karena kelelahan, para pemain belum bisa menunjukkan kemampuan terbaik di laga ini. Tentu ada evaluasi untuk tim, karena di pertandingan banyak melakukan kesalahan,” kata Shin dalam rilis PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menyoroti mental para pemainnya yang takut menghadapi lawan yang lebih baik. Ia menegaskan, hal seperti itu harusnya dibuang dari pikiran pemain.

“Jadi pemain kita itu takut kalau lawan lebih baik, seperti itu harus keluar dari pikiran,” kata dia.

“Kemampuan pemain sebenarnya baik sekali, tapi gara-gara pemain takut duluan sebelum main jadi melakukan kesalahan kecil dan besar. Jadi, kita tidak bisa menunjukkan yang terbaik,” tuturnya.

Shin Tae-yong sebenarnya telah mewaspadai soal faktor kelelahan pemain karena harus menjalani pertandingan uji coba tak lama setelah tiba di Spanyol. Namun, ia menegaskan bahwa laga melawan Prancis U-20 ini bagus untuk mengasah mental anak asuhnya.

Menurut dia, Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya perlu menghadapi tim dengan kualitas di atas mereka agar tidak takut dan memiliki mental yang bagus.

Setelah menghadapi Prancis U-20, Timnas U-20 Indonesia akan melawan Slovakia U-20 sebagai laga uji coba kedua di Spanyol pada Sabtu, 19 November 2022.

Pemusatan latihan jangka panjang di Turki dan Spanyol yang digelar sejak 16 Oktober hingga 5 Desember nanti ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-20 Indonesia menghadapi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 tahun depan. Kedua kejuaraan besar itu masing-masing digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret dan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni tahun depan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.