breaking news

Rutin Jalan Kaki Bisa Bikin Hidup Lebih Lama

June 21st, 2018 | by bento bento
Rutin Jalan Kaki Bisa Bikin Hidup Lebih Lama
Health
0

JAKARTA – Jalan kaki merupakan olahraga murah dan mudah yang bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Namun baru-baru ini, peneliti yang dilakukan University of Sydney, Cambridge, Edinburgh, Limerick dan Ulster menemukan manfaat lain dari jalan kaki, di mana rutin jalan kaki bisa membantu hidup lebih lama.

Dilansir New York Post, jalan kaki dengan kecepatan normal dapat menurunkan risiko kematian hingga 20% dibandingkan berjalan dengan kecepatan lambat. Sedangkan berjalan kaki kecepatan tinggi bisa mengurangi risiko kematian hingga 24%.

Jalan kaki juga bisa dirasakan oleh para lanjut usia (lansia). Penelitian menunjukkan rata-rata pejalan kaki berusia 60 tahun atau lebih, mengalami penurunan risiko kematian akibat kardiovaskular sebesar 46%. Sementara, mereka yang berjalan kaki dengan kecepatan tinggi mengalami penurunan risiko kematian 53%.

Profesor dari The University of Sydney’s Charles Perkins Center dan School of Public Health Australia Emmanuel Stamakis mengatakan kecepatan tinggi dalam jalan kaki umumnya 7 kilometer per jam. Namun, tergantung pada tingkat kebugaran pejalan kaki.

Penelitian ini menghubungkan catatan kematian dengan hasil 11 survei berbasis populasi di Inggris dan Skotlandia antara tahun 1994 dan 2008.

Sementara, penelitian dari Harvard University menunjukkan manusia bisa hidup lebih lama hingga lebih dari 10 tahun dengan menerapkan lima kebiasaan sehat. Di antaranya konsumsi makanan sehat, olahraga 30 menit secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok dan mengurangi konsumsi alkohol.

Penelitian tersebut peneliti melibatkan 78 ribu responden wanita berusia 34 tahun dan 44 ribu responden pria berusia 27 tahun. Hasilnya ditemukan perempuan yang menerapkan lima kebiasaan sehat memiliki harapan hidup hingga 14 tahun dan pria meningkat harapan hidupnya hingga 12 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *