breaking news

Rupiah Diprediksi Rentan Kembali Melemah Dihantam USD

August 30th, 2018 | by bento bento
Rupiah Diprediksi Rentan Kembali Melemah Dihantam USD
Business
0

JAKARTA – Pergerakan rupiah yang rentan terkena sentimen penguatan dolar Amerika Serikat (USD) tampaknya berpeluang kembali melemah. Adanya sentimen internal AS yang menguatkan USD, terutama dengan adanya rilis kenaikan pertumbuhan AS diperkirakan dapat menekan peluang rupiah untuk kembali menguat.

“Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah,” ujar Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Di perkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.656/USD-Rp14.643/USD. Sementara, penguatan rupiah kemarin tampaknya kembali tertahan dimana berbalik melemah meski masih terdapat sejumlah berita positif dari dalam negeri.

Namun demikian, adanya penilaian dimana tren suku bunga rendah telah berakhir usai Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan beberapa kali. Ditambah dengan penilaian industri perbankan nasional telah masuk ke rezim suku bunga tinggi tampaknya menghambat peluang rupiah untuk kembali menguat dan mengimbangi adanya berita positif.

“Di sisi lain, pergerakan USD kembali menguat dengan kembalinya kekhawatiran pelaku pasar terhadap kesepakatan dagang antara AS dan China meski AS telah mencapai kesepakatan dengan Meksiko,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *