breaking news

Review Honor View 10: Kirin 970 dan Memori Besar Jadi Andalan

May 28th, 2018 | by bento bento
Review Honor View 10: Kirin 970 dan Memori Besar Jadi Andalan
SPORTS
0

Jakarta – Kali ini Tempo berkesempatan melakukan review Honor View 10. Jika dilihat dari harga dan spesifikasinya, seri ini merupakan ponsel premiun untuk pasar mengengah ke atas, Honor View 10 dibanderol Rp 7,299 juta.

Selama 3 tiga pekan mencoba ponsel pintar pabrikan asal Tiongkok itu, Tempo masih melihat beberapa kekurangan dalam perangkat dan diharapkan dapat diperbaiki pada perangkat generasi baru. Meski begitu, Honor View 10 cukup menarik, karena memiliki kapasitas RAM 6 gigabita (GB) dan memori internal yang besarnya 128 GB.

1. Desain dan Layar

Honor View 10 didesain dengan bahan kontruksi logam yang kokoh dengan sudut melengkung. Layarnya berukuran 5,99 inci dengan resolusi 2.160×1.080 piksel FHD dan aspek rasio 18:9. Selain itu juta dilengkapi teknologi low-temperature polycrystalline silicon (LTPS). Dengan itu, tampilan gambar pada layar lebih baik dan tipis, pas dipasang untuk sebuah smartphone.

Layarnya menggunakan kaca, hal itu rentan terhadap bekas sidik jari yang kotor. Akhirnya, jika tidak rajin dibersihkan, maka ponsel akan terlihat jorok. Untuk melindungi layar, sebaiknya dilapisi anti gores atau pelindung benturan tambahan, meskipun Honor sudah memasangnya dengan yang agak tipis. Di dalam dus, Honor menyediakan softcase, pengguna bisa memakainya untuk melindungi badan ponsel dan membuat nyaman saat melakukan swafoto karena membuatnya tidak licin. Mungkin bisa juga jika Honor menyertakan aksesoris lain yang dibutuhkan pengguna.

Di bagian bawa layar terdapat bulatan lonjong tombol Home dengan pemindai sidik jari, sedang bagian atas terdapat kamera depan di bagian kiri serta lampu LED penanda pesan masuk. Dan bagian tengah atas terdapat speaker untuk mendengar percakapan telepon. Di sisi bawah kanan, terdapat lubang jack headset ukuran 3,5 milimeter, berdampingan dengan lubang pengisian daya USB-C bagian tengah dan geser ke kanan ada 5 lubang kecil yang merupakan speaker. Speaker dibagian bawah cukup menggangu jika kita bermain game akan seri tertutup jari, bagian sisi kiri tengah sepertinya cocok untuk speaker tersebut.

Bergeser ke sisi atas, sisi ini tidak terdapat tombol, sama seperti di sisi bagian kiri. Sisi kiri hanya terdapat satu slot dengan 2 dua tempat di dalamnya, satu untuk SIM-Card dan dua untuk SIM-Card atau microSD tergantung kebutuhan pengguna. Honor kurang memanfaatkan kedua sisi ini, akan lebih baik jika dijadikan lokasi tombol atau membagi dual SIM dengan slot yang berbeda seperti smartphone pada umumnya.

Sisi kanan terdapat dua tombol yaitu pengatur volume di atas dan disambung dengan tombol kunci atau power ponsel. Bagian belakang terlihat cukup simpel, kiri atas terdapat dua bulatan menonjol kamera yang berdampingan dengan lampu flash LED. Dan tulisan “honor” tercetak tengah bagian belakang.

Dengan ukuran 5,99 inci, View 10 menjadi salah satu ponsel Honor dengan layar besar. Untuk beratnya sendiri adalah 172 gram termasuk baterai dan panjang 157 milimeter (mm), lebar 74,98 mm serta tebalnya 6,97 mm. Secara keseluruhan bentuk, ponsel ini nyaman untuk digenggam.

2. Hardware dan Performa
Honor View 10 dipersenjatai dengan chipset besutan Huawei, Kirin 970 Octa Core dengan grafis Mali-G72 12-Core GPU yang menjadikan gambar pada ponsel detil dan tajam. Chipset seri ini kabarnya memiliki performa di atas Snapdragon 835 milik Qualcomm dan hampir menyamai 845, yang mampu mengunduh hingga kecepatan 1.2 Gbps.

Selain itu, perangkat dilengkapi dengan RAM 6 gigabita dan ruang penyimpanan 128 gigabita serta bisa diperluas microSD hingga kapasitas 256 gigabita. Dengan itu smartphone akan memiliki performa yang tidak diragukan lagi.

Tempo menjajal game yang sedang banyak dimainkan masyarakat Indonesia, Mobile Legend dengan View 10 ini. Hasilnya cukup baik, ponsel tidak mengalami hambatan. Saat dimainkan dengan waktu yang lama pun telepon genggam ini tidak terasa panas, hanya sedikit hangat, tapi masih wajar.

Sedang untuk game offline Tempo mencoba memainkan Subway Surf. Meskipun offline, game ini menampilkan pegerakan cepat dengan grafis berwarna detil. Saat dimainkan, pergerakan gambar cukup nyaman untuk mata, terlihat halus dengan warna yang konsisten.

Soal baterai, Honor View 10 dibekali daya 3.750 mAh dengan durasi pengisian 95 menit baterai akan terisi penuh. Pada saat didiamkan dalam kondisi menyala, smartphone ini mampu bertahan 20 hingga 22 hari dalam kondisi daya penuh. Sedang jika digunakan secara normal, perangkat bisa bertahan 1 sampai 2 hari saja, setelah itu harus dilakukan pengisian daya kembali.

Pabrikan asal Tiongkok ini sudah menjalankan sistem operasi Huawei EMUI 8.0. Serta menawarkan teknologi Artificial Intellegence (AI) seperti sensor pindai wajah dan penerjemah bahasa. Dalam dus perlengkapan yang tersedia adalah charger, kunci pembuka slot SIM-Card, softcase dan tidak disediakan headset.

3. Kamera

Sensor kamera yang terpasang pada Honor View 10 cukup besar. Bagian belakang terdapat dual kamera bersensor 16+20 megapiksel dengan aperture dar F/0.95 hingga F/16. Sensor itu dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 5.120×3.840 piksel dan hasil video hingga 2.160×3.840 piksel. Sedangkan kamera bagian depan 13 megapiksel cocok untuk berswafoto dan dilengkapi dengan phase detection auto facus.

Ketika Tempo mencoba kamera View 10, kamera belakang hasil fotonya cukup tajam dengan warna yang cukup detil. Terdapat juga beberapa mode pengaturan dalam kamera seperti panorama, video, 3D panorama, AR lens, time-lapse, filter dan artist mode. Semua mode bisa dioperasikan sesuai kebutuhan pengguna.

Sedangkan kamera bagian depan, hasil fotonya cukup memuaskan, gambar terlihat begitu jernih. Kamera depannya cocok dipakai untuk siapa saja yang ingin terlihat lebih rupawan, karena kamera bagian depan bisa menghilangkan detil noda ataupun bekas jerawat pada muka. Kamera depan dan belakang bisa mendukung fitur zoom, dengan zoom hasil gambar terlihat pecah, tapi itu masih dibatas wajar seperti kamera pada smartphone lain.

Selain itu, terdapat juga efek bokeh dan teknologi AI kamera. Fitur bokeh tersebut dapat menghasilkan gambar yang cukup menarik. Karena, pada objek gambar terlihat fokus dengan latar belakang yang buram. Fitur tersebut mendukung kamera depan maupun belakang dan menjadikan hasil gambar yang lebih bervariasi.

4. Ketahanan

Dari sisi ketahanan, Honor View 10 terasa cukup kokoh digenggaman. Perangkat tahan dari debu dan percikan air, Tempo pernah membawa smartphone tersebut saat kondisi hujan, perangkat dalam kondisi baik walaupun terkena sedikit percikan air. Namun, harus dibarengi dengan perawatan yang rutin juga, karena ketahanan ponsel pintar bergantung pada penggunaan dan perawatannya.

Secara keseluruhan, Honor View 10 merupakan perangkat yang cukup memuaskan meskipun masih memiliki beberapa kekurangan. Tidak semua perangkat sempurna, kekurangan yang terdapat pada View 10 diharapkan menjadi perbaikan untuk perangkat selanjutnya. Pada dasarnya ponsel ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti komunikasi, hiburan, bertukar pesan, mendokumentasikan gambar atau aktivitas keseharian lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *