breaking news

Pulih, Manuel Neuer Siap Pemanasan Lawan Austria

May 30th, 2018 | by bento bento
Pulih, Manuel Neuer Siap Pemanasan Lawan Austria
Sport
0

EPPAN – Kiper timnas Jerman Manuel Neuer siap kembali ke lapangan hijau. Kiper Bayern Muenchen itu pulih dari cedera yang dideritanya sembilan bulan lalu. Neuer disiapkan melawan Austria pada laga persahabatan di Wortherseestadion, Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6/2018).

Neuer yang memenangi Piala Dunia 2014 menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun. Tapi, sejauh ini dia belum memainkan satu pertandingan resmi sejak mengalami patah tulang kaki pada September.

Menurut pelatih kiper Andreas Koepke, Neuer sudah pulih dan sepenuhnya berada pada jalur untuk turnamen di Rusia. “Itu rencananya,” kata Koepke kepada wartawan, Selasa (29/5/2018).

“Melihat kondisi saat ini, dia akan bermain pada hari Sabtu. Tidak ada yang menghalangi dan itu adalah pertandingan yang dia butuhkan. Sebuah pertandingan internasional melawan Austria di mana dia akan memiliki lebih banyak hal untuk dilakukan,” imbuh Koepke.

Sejatinya Neuer sudah bisa bermain. Dia diturunkan saat Jerman menang 7-1 melawan timnas U-20 di kamp pelatihan Eppan, Italia utara, Senin (28/5/2018) dalam latihan tertutup.

Kiper berusia 32 tahun itu berbagi tugas dengan Marc-Andre Ter Stegen, penjaga gawang Barcelona. Ter Stegen bermain di 30 menit awal sedangkan Neuer di paruh kedua dalam sesi latihan satu jam. Rencananya, Neuer juga akan kembali bermain 30 menit saat kembali menjajal timnas Jerman U-20, pada Rabu (30/5/2018).

Juara Dunia 2014 itu akan tetap di Italia sampai 5 Juni, sehari setelah batas waktu untuk pengumuman skuad 23 pemain terakhir. Pelatih Joachim Loew telah membawa 27 pemain ke kamp latihan dengan empat orang akan dicoret, termasuk satu dari empat penjaga gawang.

“Manuel membutuhkan pertandingan ini setelah cedera panjangnya untuk fit 100%. Itu adalah kondisi dasar ketika dia datang ke sini bahwa dia harus dalam kondisi fit,” kata Koepke. “Dari kekuatan loncat ke mobilitas sama sekali tidak ada masalah sama sekali.”

“Situasi ini kelihatannya seperti dia tidak pernah absen. Sekarang ini adalah tentang membaca permainan, mendapatkan kepercayaan bermain bola dengan kaki. Dia berada di jalan yang kami harapkan dan semuanya tampak bekerja dengan baik.”

Koepke juga mengisyaratkan bahwa Neuer akan menjadi pilihan pertama mereka untuk Piala Dunia 2018 di depan tiga penjaga lainnya; Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen dan Bernd Leno, Loew telah dipanggil dalam skuad pendahuluannya.

“Marc memenangkan Piala Konfederasi tahun lalu, memiliki musim super di Barcelona dan dia jelas ingin bermain di Piala Dunia,” kata Koepke. “Tapi ketika datang ke Manuel itu adalah situasi khusus dan dia (Marc) bisa mengatasinya dengan sangat baik.”

Jerman, yang juga menghadapi Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni dalam pertandingan pemanasan terakhir. Mereka berada di Grup F Piala Dunia 2018 dengan Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Turnamen dimulai pada 14 Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *