breaking news

Perjalanan Berliku Karier Buffon Bersama Juventus image_title

May 18th, 2018 | by bento bento
Perjalanan Berliku Karier Buffon Bersama Juventus image_title
Sport
0

Gianluigi Buffon akhirnya berpisah dengan Juventus. Dia mengumumkan akan meninggalkan klub berjuluk ‘Si Nyonya Tua’ itu pada akhir musim ini.

Kontrak Buffon dengan Juventus memang sudah selesai. Kedua pihak sepakat tak melanjutkan kerja sama yang telah terjalin selama 17 tahun.

Diketahui dia bergabung ke Juventus pada 2001. Buffon ditransfer dari Parma dengan biaya 52 juta euro dan kala itu tercatat menjadi penjaga gawang termahal.

Pada 2006, Buffon sukses mengantarkan Italia keluar sebagai juara Piala Dunia di Jerman. Gli Azzurri mengalahkan Prancis lewat adu penalti pada partai final.

Sayangnya, pada saat bersamaan, Juventus terdegradasi ke Serie B karena skandal Calciopoli. Di situ Buffon yang disebut-sebut sebagai kiper terbaik dunia membuktikan loyalitasnya.

Tidak seperti sejumlah bintang lain, macam Fabio Cannavarro, Zlatan Ibrahimovic, Lilian Thuram dan lain-lain, yang memutuskan mencari klub baru, Buffon bersama Alessandro Del Piero, Pavel Nedved dan Mauro Camoranesi memilih untuk bertahan, berjuang membawa Juventus kembali ke Serie A.

Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon

Hanya setahun Buffon merasakan tampil di kompetisi kasta kedua. Dia lalu membawa Juventus juara Serie B dan promosi.

Sayangnya, saat kembali ke Serie A, Juventus harus melewati masa sulit, hingga akhirnya bisa kembali bangkit dan merebut gelar pada 2011.

Pada tahun tersebut Buffon tampil luar biasa. Dia membawa Juventus meraih rekor tak terkalahkan dalam 49 pertandingan, sekaligus membuat catatan clean sheet terpanjang di Serie A, 974 menit, 10 pertandingan.

Bersama Juventus, Buffon merebut 9 scudetto dan empat Coppa Italia. Dia juga tiga kali mencapai final Liga Champions, meski tidak satu pun berakhir dengan gelar.

Bagi Buffon, ini akan menjadi pekan terakhirnya bersama Juventus. Laga melawan Verona, akhir pekan ini, akan menjadi partai ke-656 baginya sekaligus pertandingan perpisahan dengan publik Allianz kota Turin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *